Menikmati Kehangatan Ronde Alkateri

DI Bandung yang udaranya sejuk, mantapnya minum yang hangat-hangat. Salah satu yang tempat menawarkan kehangatan adalah kedai ronde jahe di Jalan Alkateri. Kedai ini sudah terkenal ke mana-mana, buktinya kedai ronde yang hanya buka pada malam hari ini selalu dipenuhi pengunjung. Mereka rela antre untuk mendapatkan minuman yang menghangat itu.

Lokasi kedai ini berada di mulut Gang Aljabri, Jalan Alkateri. Jalan Alkateri tak jauh dari Taman Alun-alun, Jalan Asia Afrika. Dari sana tinggal lurus saja, setelah melewati Kantor Pos langsung belok ke kanan. Belokan tersebut persis di pinggir Hotel Golden Flower.

Ronde Alkateri Jalan Alkateri Bandung. Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Ronde Alkateri Jalan Alkateri Bandung.  | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Ronde Alkateri bukanya hanya pada malam hari. Biasanya menjelang Magrib, pengelola kedai ini sudah bersiap-siap untuk membuka kedainya. Adapun waktu tutupnya tidak menentu, kadang bisa cepat, kadang bisa lebih malam, tergantung dagangannya habis atau belum.

Untuk mendapatkan semangkuk kehangatan ronde jahe ini harus rela antre. Hampir setiap malam, kedai ini selalu banyak pengunjungnya. Apalagi kalau saat weekend, kendaraan roda empat atau dua berjajar di sana.

Selama antre, karena Jalan Alkateri selalu sepi pada malam hari, pengunjung bisa mengobrol tanpa terganggu kendaraan yang lalu lalang. Bahkan beberapa pengunjung ada yang hanya duduk di trotoar. Kalau kebetulan ada pedagang bakso tahu, pengunjung bisa menikmati bakso tahu sebelum menyeruput ronde jahe yang menyegarkan.

Di Kedai Ronde Alkateri yang  membuat dan malayani pembeli adalah Ibu Uat yang usianya sudah lebih dari 80 tahun. Dia ditemeni seorang pelayan yang lincah membawakan seduhan hasil racikan Bu Uat kepada para pembeli yang telah sabar menunggu.

Ketika memesan ronde pengunjung akan ditanya oleh Bu Uat atau pelayannya dengan pertanyaan, “Campur?” Ronde Alkateri memang terdiri dari dua macam ronde. Ronde besar rasanya kenyal isinya kacang. Adapun yang kecil, rasanya kenyal namun tidak berisi. Pembeli bisa memilih mencampurnya.

“Gulanya mau apa?” Tanya pelayan kepada pembeli. Pembeli bisa memilih pemanis dari gula merah atau gula putih. Kalau yang ini pembeli harus pilih salah satu. Ronde, gula, dan jahe di  dalam mangkuk kecil kemudian diseduh. Ronde berwarna warni di mangkuk tinggal dicicipi. Harga semangkuknya Rp 15.000 (harga tersebut mudah-mudahan belum berubah). Selamat menikmati. *

Ronde Alkateri

  • Di mulut Gang Aljabri Jalan Alkateri Bandung
  • Harga kisaran Rp 15.000-20.000 per mangkuk
  • Buka mulai magrib hingga habis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.