Tutug Oncom Pulen yang Nikmat

MAKAN bareng dengan keluarga terus nasinya tutug oncom (TO), makan seperti ini sukar dilukiskan nikmatnya seperti apa. Tutug oncom hangat, dicocolkan ke sambal pedas, hmmm pasti rasanya pedo (nikmat) kata orang Sunda mah. Apalagi kalau menikmati sajian ini di alam terbuka, seperti sawah, wah…semakin sulit dilukiskan bagaimana nikmatnya.

Tutug oncom adalah makanan tradisional Sunda. Tepatnya berasal dari Tasikmalaya. Belakangan makanan olahan dari nasi campur oncom ini mulai dijual di kafe, restoran, food court dan di hotel-hotel yang menyajikan sajian cita rasa Nusantara.

Nasi tutug oncom. Foto id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Nasi_tutug_oncom.jpg
Nasi tutug oncom. Foto id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Nasi_tutug_oncom.jpg

Bahkan sekarang ada terobosan baru, makanan tradisional apapun, sudah ada teknik pengemasan yang memungkin makanan tersebut lebih awet dan bisa dijual di supermarket. Kini ada nasi tutug oncom instan yang bisa diperoleh dari supermarket atau toko makanan sebagai oleh-oleh.

Tutug oncom merupakan olahan nasi dan oncom bakar. Oncom bakar sebelum dicampurkan ke nasi ditutug (Ditumbuk) dulu. Kemudian aduk bersama nasi hingga merata. Jadi jelas, mengapa nasi ini disebut tutug oncom.

Nasi untuk tutug oncom berasnya harus beras bagus agar nasinya nanti pulen. Jika nasinya tidak pulen, tutug oncom biasanya rasanya akan berbeda. Sebagai penambah harum, tempat menyimpan tutug oncom dialasi daun pisang yang dipanaskan. Daun pisang biasanya memberikan efek harum. Daun pisan juga bisa digunakan untuk membungkus nasi ini.

Menyantap tutuh oncom harus dalam keadaan hangat. Nasi ini bisa disantap tanpa lauk atau dengan lauk. Biasanya untuk mendampingi kenikmatan nasi ini disediakan sambal terasi yang pedas. Nasi yang masih hangat dicocolkan ke sambal terasi bisa mengundang sensasi yang tak bisa diucapkan.

Lauk tutug oncom biasanya adalah ayam goreng atau panggang, tahu, tempe dan lalapan. Kalau mau bisa juga ditambahkan jengkol, atau petai. Pepes ikan juga bisa. Tutug oncom bisa cocok dengan lauk apapun kecuali dengan masakan berkuah lainnya.

Di Bandung, penjual nasi tutug oncom bisa diperoleh di Butterfield Kitchen Jalan Dipati Ukur, di rumah makan Sari Parahyangan Jalan R.E. Martadinata No.156 Bandung, di Jalan Purnawarman, Jalan Lengkong Besar, dan di Foodtruck Preman Oncom, Jalan Cisangkuy No 62 Bandung. *

Nasi Tutug Oncom di Bandung

  • Di Butterfield Kitchen, Jalan Dipati Ukur.
  • Di Rumah makan Sari Parahyangan, Jalan R.E. Martadinata No.156 Bandung.
  • Di Jalan Purnawarman
  • Di Jalan Lengkong Besar
  • Di Foodtruck Preman Oncom, Jalan Cisangkuy No 62 Bandung

Satu tanggapan untuk “Tutug Oncom Pulen yang Nikmat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.