Sate Maranggi Rambah Amerika

SATE Maranggi merambah ke Amerika Serikat. Kedai kuliner khas Kabupaten Purwakarta ini sudah buka di ibu kota negeri Paman Sam Washington DC. Kedai ini buka berkat hasil bekerja sama warga negara Indonesia yang tinggal di AS dengan pemerintah daerah Purwakarta sebagai pemodal.

Peresmiannya bakal dilakukan pada Maret 2016. Bukan hanya kedai yang telah dipersiapkan tetapi juga food truck sate maranggi yang akan melayani orang sana. Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga menjajaki membuka kedai sate ini di Malaysia. Pemerintah menargetkan sate ini bisa hadir di berbagai negara.

Sate maranggi adalah sate yang terbuat dari daging kambing daging sapi, atau daging ayam. Pedagang sate ini kerap ditemukan di Purwakarta. Sate ini dijajakan secara berkeliling dan kedai-kedai di pinggir jalan. Pedagang sate ini juga bisa ditemukan ke kawasan dekat Cianjur.

Sate maranggi berbeda dengan sate lainnya yang ada di Indonesia. Dalam penyajiannya sate ini tidak menggunakan bumbu. Sate ini telah dibumbui dalam proses pembuatannya dengan direndam dalam bumbu sebelum dimasak.

Bumbunya merupakan perpaduan kecap manis dan beberapa jenis rempah, seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, dan sedikit cuka. Biasanya menggunakan cuka lahang yang terbuat dari aren.

Sate Maranggi . | Foto jabar.tribunnews.com
Sate Maranggi . | Foto jabar.tribunnews.com

Sate maranggi biasanya dipadukan dengan irisan bawang merah dan tomat segar dalam penyajiannya. Sate maranggi biasanya disantap bareng nasi putih, lontong, ketan bakar plus sambal oncom, atau nasi timbel.

Pada 14 Desember 2012 kuliner ini dikukuhkan Kemenparekraf menjadi satu di antara 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia (IKTI) .

Salah satu kedai sate maranggi terkenal di Purwakarta adalah kedai yang ada di Jalan Raya Bungursari, Cibungur, Bungursari, Kec. Purwakarta. Banyak yang bilang sate maranggi berasal dari kedai ini. *

Sate Maranggi

Jalan Raya Bungursari, Cibungur, Bungursari, Kec. Purwakarta, Jawa Barat 41181

Bahan tulisan
https://id.wikipedia.org/wiki/Sate_Maranggi
http://jabar.tribunnews.com/2015/12/18/sate-maranggi-sudah-bisa-dinikmati-warga-amerika-serikat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.