Menjajal Kelezatan Lotek Kalipah Apo 42

LOTEK itu di mana-mana juga sama. Namun mengapa di beberap tempat makanan khas dari Jawa Barat ini istimewa rasanya. Kelezatannya banyak mengundang orang untuk menjajal kelezatannya.

Hal tersebut berlaku buat lotek yang satu ini, Lotek Kalipa Apo 42. Lotek ini sudah dikenal ke mana-mana. Banyak pengunjung yang sengaja ingin merasakan kelezatan lotek ini. Bumbunya dan sayurannya membuat ketagihan pencinta kuliner.

Lotek Kalipah Apo 42 di Jalan Kalipah Apo Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Lotek Kalipah Apo 42 di Jalan Kalipah Apo Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Sesuai namanya lotek ini berada di Jalan Kalipah Apo. Jalan ini berada di kawasan Astanaanyar. Kawasan ini tidak jauh dari Jalan Oto Iskandardinata, dan Jalan Pungkur. Tidak sulit untuk mendapatkan kedai ini karena tepat berada di pinggir jalan.

Kedai lotek ini konon sudah berjualan sejak 1953. Awalnya dari lotek buatan seorang ibu. Lotek yang dibuatnya di cobek besar ini ternyata banyak yang menyukainya. Loteknya yang lezat itu kemudian dijual, dan sambutannya luar biasa. Penikmat lotek ini harus antre untuk mendapatkan satu porsi lotek.

Karena penggemarnya semakin banyak, ibu ini membuka kedai di Jalan Kalipa Apo. Cara pembuatannya pun masih mempertahankan cara lama dengan menggunakan cobek yang diulek. Pengunjung saat itu masih bisa menyaksikan pembuatan lotek secara tradisional.

Sekarang kedai itu sudah maju dan semakin modern. Kedai itu kini dibuat seperti restoran cepat saji. Pembeli tinggal memilih menu yang akan disantap setelah itu langsung membayarnya di kasir. Sekarang sudah tidak terlihat cobek besar dan ulekannya.

Kelezatan lotek ini bisa dirasakan lewat bumbu kacang yang berbau khas kencur. Campuran sayuran seperti kol, tauge, kacang panjang, bayam, kangkung, dan nangka muda menambah kenikmatan ketika menyantap lotek ini. Lotek ini juga ditambah tempe dan lontong dalam penyajiannya. Untuk menambah kenikmatan tinggal tambah kerupuk udang.

Di kedai lotek Kalipah Apo tersedia menu lain, di antaranya gado-gado, asinan sayuran, asinan buah, rujak buah, rujak banci, kolak pisang, candil, bubur sagu rangi, bubur jali, bubur lemu, bubur pacar cina, bubur caca, bubur kacang hijau, dan bubur ketan hitam.

Di sini juga tersedia ayam goreng, semur jengkol, oseng tempe, bakmi goreng, kering tempe, empal, oseng pare, dan nasi hangat. *

Lotek Kalipah Apo 42

Jalan Kalipah Apo No. 42, Bandung
Telepon: 022-4205983
Jam buka: Rabu-Senin, 09:00-16:30
Selasa tutup

Satu tanggapan untuk “Menjajal Kelezatan Lotek Kalipah Apo 42

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.