Mengapa Merek Bakpia Pathok Hanya Nomor Saja?

TAHU tidak, mengapa bakpia asal Yogyakarta mereknya lebih banyak yang menggunakan nomor daripada nama? Bakpia yang berasal dari kawasan Pathok (Pathuk) ini memang lebih memilih nomor daripada nama seperti Bakpia Pathok 25, 75, 531, atau 125. Ternyata nomor-nomor tersebut merupakan nomor rumah yang membuat bakpia tersebut. Bakpia di Pathok kebanyakan hasil dari home industri.

Tetapi kemudian banyak bakpia yang menggunakan merek bukan dari nomor rumah, seperti Djava, Ayu, Vista, Kurniasari, Merlino, Djava, Snack It Pia 100, Kencana, Soemadigo dan merek lainnya. Semua bakpia tersebut memiliki keiatimewaan masing-masing untuk menarik pembeli. Apalagi sekarang banyak bermunculan varian rasa baru seperti bakpia rasa green tea.

Bakpia Pathok. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Bakpia Pathok. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Menurut catatan wikipedia di Yogyakarta terdapat lebih dari 100 merek bakapia. Namun yang paling dicari pembeli di antaranya Bakpia Kurniasari, Bakpia 145, Bakpia 75, Bakpia 25, Bakpia Merlino, Bakpia Djava, Snack It Pia 100, dan Bakpia Kencana. Namun bukan tidak mungkin masih banyak merek lain yang diburu pembeli.

Bakpia sebetunya berasal dari Tiongkok. Dalam dialek Hokkian, bakpia itu bak (daging) dan pia (kue), yang berarti kue yang berisi daging. Biasanya daging yang digunakan untuk isi adalah daging babi. Di beberapa daerah masih banyak yang menjual bakpia yang berisi daging seperti di Toko Osin di belakang Pasar Baru Kota Bandung.

Dalam perkembangannya bakpia isi daging ini mulai digantikan dengan bakpia isi kacang hijau. Perubahan isi tersebut disesuaikan dengan banyakmya umat Islam di Indonesia, terutama di Pathok, Yogyakarta. Selanjutnya bermunculan bakpia rasa cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.

Beberapa langkah mebuat bakpia adalah sebagai berikut. Pertama jemur kacang hijau agar kutu yang menempel hilang, sekaligus proses ini juga untuk menyeleksi kacang. Pisahkan kacang dan kulitnya sebelum dicuci. Tahap selanjutnya dikukus, lalu digiling sampai lembut, sambil dicampur dengan gula pasir secukupnya.

Untuk kulitnya, bahan yang diperlukan tepung terigu, gula pasir, air, minyak goreng. Diaduk dalam mesin pengaduk. Kemudian dipanggang. Setelah matang baru dimasukan dalam kemasan.

Sekarang kue ini menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Bakpia bisa diperoleh di toko bakpia atau toko oleh-oleh khas Yogyakarta. Kalau wisata bareng dengan tour tarvel biasanya wistawatan diajak ke kawasan Pathok untuk melihat dan membeli bakpia langsung dari pabriknya. *

Bakpia Pathok

  • Bakpia Pathok 25
  • Bakpia Pathok 75
  • Bakpia Pathok 531
  • Bakpia Pathok 125

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.