Kupat Tahu Gempol Memang Paling Jempol

BAGI yang sering melakukan perjalanan Bandung-Tasik via Garut pasti tidak pernah lupa dengan kawasan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya. Ya, di sana ada kupat tahu yang terkenal kelezatannya, namanya kupat tahu Mangunreja. Makanan ini bahkan sudah melegenda dan menjadi cikal bakal kupat tahu di kota-kota lain.

Satu di antaranya adalah kupat tahu Gempol di Bandung. Makanan ini yang dijual  tak jauh dari Pasar Gempol ini menawarkan kekhasan rasa Mangunreja. Racikan bumbunya tak jauh dari rasa yang makasan dari Mangunreja tersebut.

Kupat Tahu Gempol di Jalan Gempol Kulon Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Kupat Tahu Gempol di Jalan Gempol Kulon Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

“Cikal bakal dari kupat Gempol adalah kupat  khas Mangunreja Tasikmalaya. Kebetulan kami memang asli dari sana. Alhamdulillah sampai sekarang masih banyak dicari,” ujar pemilik kupat Gempol, Yayah, seperti diungkapkan pada Tribunnews.com, 13 November 2014.

Soal ketenaran Kupat Gempol tidak kalah dari moyangnya. Menurut Yayah dalam “NET24 – Kupat tahu gempol, sajian khas Bandung sejak 1975”, dia  setiap harinya harus menyediakan 12 kg beras, dan dalam hitungan empat jam beras yang diolah menjadi kupat ludes terjual.

Kupat di sini, kata Yayah, rasanya berbeda dengan kupat yang berada di tempat lain. Bumbunya memiliki kekentalan dan rasa yang sangat pas di lidah. Bumbu yang disajikan merupakan olahan khas kacang dan bumbu lainnya, yang diolah di rumahnya yang tak jauh dari kedai.

Melengkapi kekhasan kupat gempol adalah tahunya. Tahu yang disajikan merupakam pasokan langsung dari sentra tahu Bandung di Cibuntu. Tahu Cibuntu terkenal memiliki tekstur lembut, tapi tetap kenyal. Dan, dalam pembuatannya tanpa bahan pengawet.

Kupat  Gempol berdiri sejak 1965. Pada 1975 dikelola leh H. Achdan dan istrinya Yayah. Mereka meneruskan usaha kakaknya. Usaha mereka terus berkembang sehingga terkenal seperti sekarang.

Namun bagi penggemar kupat ini harus bangun pagi-pagi karena kedainya bukanya hanya pada pagi yakni pukul pukul 05.30 – 10.00. Warung kupat yang sederhana ini tak sulit untuk menemukannya. Persis di ujung pertigaan pasar Gempol. Plang besar berwarna dominan merah  bertuliskan Kupat Tahu Gempol terpampang di  bagian depan warung itu.

Kalau mau coba, buruan datang ke Kupat Gempol, dijamin cudok…! *

Kupat Tahu Gempol

Jl Gempol Kulon No. 53, Bandung
Hanya 50 meter dari kedai roti gempol.
Dekat Pasar Gempol, Bandung, Jawa Barat
Telp: 022-4260809

Satu tanggapan untuk “Kupat Tahu Gempol Memang Paling Jempol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.