Di Braga Permai Menikmati Menu Jaman Dulu

INI adalah resto dan kafe yang bisa bertahan lama. Bisa juga disebut simbol Jalan Braga, jalan yang melegenda. Namanya Braga Permai. Selain arsitekturnya masih terlihat bergaya lama, menu-menunya juga tetap mempertahankan makanan lama, menu kesukaan orang-orang dulu yang kerap makan di resto atau kafe ini.

Pengelola Braga Permain tetap mempertahankan ice cream dengan 6 variant. Pastries-nya dan kue-kue seperti Tompoesjes, Ananas Geap, Speculaas Almond, Ontbijkoek dan Booterstaf juga masih tersedia.

Braga Permai di Jalan Braga. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Braga Permai di Jalan Braga. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Menurut laman bragapermai.com, dulunya nama restoran tersebut bukan Braga Permai tetapi Maison Bogerijen. Bangunannya pun bukan di tempat sekarang. Restoran itu berada di sudut persimpangan Bragaweg (Jalan Braga) dan Oude Hospitalweg (Jalan Lembong). Restoran ini diresmikan pada 1918.

Restoran ini pemasok kuliner Kerajaan Belanda, termasuk Gubernur Hindia Belanda waktu itu (Jaarboek van Batavia en Omstreken 1927). Selain itu pemasok makanan warga di sekitar Jalan Baraga, seperti warga Gang Coorde, Gang Spaarbank, Gang Telepfoon, Gang Bruyn & Thyssen, Oude Hospitalweg dan Tamblongweg. Mereka sering membeli roti Bogerijen.

Maison Bogerijen pindah ke tengah-tengah Bragaweg pada 1923. Bangunannya mirip dengan bangunan sebelumnya. Di atas bangunan bertuliskan nama restoran, Maison Bogerijen. Di sisi kanan atas tertulis kata-kata dalam Bahasa Prancis, yakni Patissier dan Glacier. Di sisi kiri atas tertulis kata-kata Cuisinier, dan Confiseur.

Patissier artinya kue-kue, Glacier artinya es krim, Confiseur artinya peganan manis, dan Cuisinier artinya makanan utama.

Dalam laman bragapermai.com disebutkan saat itu restoran ini paling terkenal di seantero kota Bandung. Restoran ini pun disebutkan mendapat restu dari Ratu Belanda.

Dalam perjalanan sejarahnya gedung ini pernah terbakar pada 1960-an. Kemudian direnovasi tanpa menghilangkan ciri khas gedung tersebut. Gedung itu hingga kini masih seperti yang dulu ketika sebelum terjadi kebakaran, tanpa ada perubahan. *

Fakta Braga Permai

  • Berdiri pada 1923
  • Sebelum bernama Braga Permai bernama Maison Bogerijen
  • Restoran ini merupakan penyedia kuliner Kerajaan Belanda
  • Gedung awal pernah dirombak akibat kebakaran pada 1960-an
  • Menu di Braga Permai,ice cream dengan 6 variant, Pastries-nya dan kue-kue seperti Tompoesjes, Ananas Geap, Speculaas Almond, Ontbijkoek dan Booterstaf

Satu tanggapan untuk “Di Braga Permai Menikmati Menu Jaman Dulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.