Cari Kopi Jagung? DI Toko Kopi Selam Tempatnya

MAU merasakan kopi jagung? Datang saja ke Toko Kopi Kapal Silam (maksudnya kapal selam). Di sini juga tersedia jenis kopi lainnya seperti kopi luwak liar, kopi arabika, dan robusta.

Menurut pemilik toko ini, Chandra (55), kopi yang dijual langsung dibawa dari daerah lain, seperti Robusta dari Lampung. Adapun arabika dikirim dari Lembang.

“Kopi jagung dari Jawa Timur. Kalau bukan dari sana kualitasnya tidak bagus. Untuk dijadikan kopi jagungnya disangrai, kemudian ditumbuk. Rasanya tidak sama dengan rasa kopi. Kan ini mah jagung,” katanya.

Mesin penggiling kopi Toko Kopi Kapal Selam di Jalan Pasar Barat Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Mesin penggiling kopi Toko Kopi Kapal Selam di Jalan Pasar Barat Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Toko kopi ini merupakan satu di antara toko kopi di Bandung yang sudah lama berdiri. Toko ini sudah ada sejak 1930. Bangunan toko ini masih bergaya lama. Bentuknya tidak berubah sejak toko ini berdiri. Lokasinya berada di Jalan Pasar Barat No 42 Bandung

Uniknya di kartu nama pemilik toko ini masih mempertahankan gaya jaman dulu. Di kartu nama itu terdapat logo bergambar kapal selam dalam lingkaran, yang di salah satu bagiannya ada tulisan angka 7. Angka 7 itu, kata Chandra, merupakan nomor bangunan yang ditempatinya sekarang.

Chandra menceritakan kondisi di belakang Pasar Baru tidak seperti sekarang yang ramainya. “Saat itu, rumahnya masih jarang. Jadi, walaupun bangunan ini posisinya berada di tengah nomornya masih kecil,” kata Chandra di tokonya, seperti dikutip serbabandung.com, Senin (13/4/2015).

Masih di kartu nama Chandra, di bawah gambar kapal selam ada tulisan Khin Hin Hoo, Bandoeng Kopi Boeboek 100%. Adapun di luar lingkaran tertulis merek kopi yang dimaksud, Tjap Kapal Silam.

Chandra mengaku tak mengetahui mengapa nenek moyangnya menamai kopinya Kapal Selam. “Kalau tidak kapal selam mungkin kapal layar,” kata Chandra sambil terkekeh.

Menurutnya toko yang ditempatinya sekarang, dulunya, tidak menjual kopi saja. “Kami menjual barang apa saja. Seperti toko serba ada,” katanya.

Toko ini lokasinya hanya beberapa meter dari Toko Jamu Babah Kuya. Dari luar toko, tidak terlihat ada tanda-tanda toko ini penjual kopi. Namun baru terlihat setelah masuk ke toko itu memang menjual kopi. Di sana terlihat mesin-mesin penggiling kopi.

Jika tertarik ke sana, Jalan Pasar Barat berada di belakang Pasar Baru. Dari Jalan Oto Iskandardinata tinggal belok kanan persis di pinggir Pasar Baru. Adapun dari Jalan Kebonjati, tinggal belok kanan, tak jauh dari Terminal St Hall, tapi jangan belok ke Jalan Dulatif. *

Kopi Toko Kopi Kapal Selam

  • Kopi luwak liar
  • Kopi arabika
  • Robusta
  • Kopi jagung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.