Makanan Malawi – (bahasa Chewa: Dziko la Malaŵi, bahasa Tumbuka: Charu cha Malaŵi, bahasa Inggris: Republic of Malawi) adalah sebuah negara yang terletak di Afrika bagian selatan. Malawi berbatasan dengan Tanzania di sebelah utara, Zambia di barat laut, dan Mozambik di timur, selatan dan barat.

Danau Malawi yang memanjang di sepanjang perbatasan timur Malawi mencakup seperlima wilayah negara itu. Asal mula nama Malawi tidak diketahui; nama itu diyakini berasal dari suku di wilayah selatan atau inspirasi dari ‘cahaya matahari yang menyinari danau’

Makanan Malawi

Malawi adalah negara terkurung daratan yang terletak di Afrika Tenggara. Sebelumnya dikenal sebagai Nyasaland, Malawi dikelilingi oleh Zambia , Tanzania , dan Mozambik . Negara ini memiliki danau air tawar yang indah bernama Danau Malawi, yang merupakan daya tarik utama negara ini.

Makanan Malawi

  1. Mkhwani

Mkhwani adalah sup yang dibuat menggunakan daun labu, tomat, dan tepung kacang tanah. Ini sering disajikan bersama nsima atau nasi.

Di Malawi, jagung dan labu berkontribusi terhadap sayuran tradisional yang ditanam sebagai metode pertanian berkelanjutan. Penduduk setempat menganggap daun labu sama sehatnya dengan labu itu sendiri. Mereka diyakini kaya akan vitamin B6, vitamin A, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, tiamin, serta protein.

Rebusan ini sering disajikan kepada para tamu sebagai ungkapan sambutan hangat. Hidangan ini juga menjadi sorotan dari banyak acara tradisional dan pernikahan.

2. Thomas

Thobwa, juga dikenal sebagai bir manis , adalah minuman fermentasi populer yang dibuat menggunakan jagung putih dan millet atau sorgum. Minuman ini memiliki tekstur kasar dan konsistensi kental.

Meskipun Thobwa sebenarnya adalah minuman non/sedikit beralkohol, namun jika dibiarkan selama 5-6 hari, minuman tersebut cenderung berubah menjadi mowa atau bir. Thobwa dapat ditemukan sepanjang tahun tetapi paling banyak dikonsumsi selama bulan-bulan terpanas di Malawi (September-November). Di kota-kota besar dan kecil, Thobwa dapat ditemukan disajikan dengan botol plastik daur ulang. Di desa-desa, masyarakat mengkonsumsinya dari pot tanah liat.

Thobwa juga sering disajikan di pesta pernikahan sebagai minuman perayaan dan minuman penyambutan. Ini juga biasa dikonsumsi sebagai minuman energi.

3. Nsima (Bubur jagung)

Nsima adalah sejenis bubur yang diolah dengan menggunakan tepung jagung putih yang digiling. Tepung ditambahkan ke dalam air mendidih atau susu dan dipanaskan hingga mencapai konsistensi seperti adonan yang kuat. Kemudian dibentuk menjadi roti dan kemudian disajikan.

Nsima merupakan makanan pokok Malawi dan umumnya disajikan dengan dua lauk pauk yang disebut relish . Yang pertama terdiri dari sumber protein seperti daging, ikan, kacang tanah (kacang tanah), unggas atau kacang-kacangan dan lauk lainnya berupa sayuran seperti daun lobak, daun labu kuning, daun bayam, daun sawi atau kubis.

Biasanya dikonsumsi untuk makan siang dan makan malam, harga Nsima cukup murah dan terjangkau bagi sebagian besar penduduk Malawi. Konsumsi Nsima juga merupakan ritual bagi keluarga dan diyakini sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan.

4. Mandazi

Mandazi adalah sejenis donat lokal Malawi yang dibuat menggunakan tepung terigu serbaguna, santan, baking powder, telur, kacang tanah, kapulaga, gula dan ragi. Adonannya digoreng dengan minyak panas hingga Mandazi berubah warna menjadi coklat keemasan. Biasanya teksturnya empuk dan rasanya manis.

Umumnya dikonsumsi sebagai camilan atau hidangan penutup setelah makan, Mandazi sering disajikan dengan teh atau jus buah segar. Anda biasanya dapat menemukan perempuan Malawi menjual Mandazi di jalanan, di pasar, dan bahkan di terminal bus untuk mendapatkan sedikit uang tambahan.

5. Zitumbuwa (Pisang Goreng)

Zitumbuwa adalah hidangan Malawi sederhana yang dibuat menggunakan adonan yang terbuat dari pisang, tepung jagung, dan berbagai macam bumbu. Kemudian digoreng dalam minyak panas. Umumnya disajikan dengan gula dan mentega, biasanya dimakan sebagai camilan cepat saji.

Zitumbuwa dianggap sebagai salah satu camilan termurah dan paling terjangkau yang tersedia di pasar Malawi. Camilan ini juga dikenal karena manfaat kesehatannya (karena dibuat menggunakan pisang) dan banyak variasi resepnya.

6. Mgaiwa Phala atau Nasi Phala

Mgaiwa Phala adalah bubur sarapan yang diolah menggunakan tepung jagung pokok. Umumnya dikonsumsi dengan susu dan gula. Biasanya ditemani buah segar, bisa juga ditambahkan sedikit kayu manis untuk menambah rasa.

Masyarakat Malawi dipercaya menjaga sarapan mereka tetap sederhana dan sehat, menjadikan bubur ini sebagai salah satu menu utama mereka. Kadang-kadang juga dibuat menggunakan tepung beras sebagai pengganti tepung jagung, yang disebut Nasi Phala.

7. Kachumbari

Kachumbari adalah hidangan salad yang diolah dengan menggunakan bawang segar, tomat, dan cabai. Hal ini sangat populer di banyak negara di wilayah Danau Besar Afrika dan variasi lokal dapat ditemukan di tempat-tempat seperti Tanzania , Rwanda , Uganda dan Burundi .

Di sebagian besar negara Afrika, Kachumbari umumnya disajikan bersama makanan, namun di Malawi, orang sering memakannya sendiri. Namun bisa juga dijadikan pendamping makanan utama lainnya.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *