Makanan BotswanaRepublik Botswana (bahasa SetswanaLefatshe la Botswanabahasa InggrisRepublic of Botswana) adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan yang terkurung oleh daratan.

Sebelumnya negara ini berupa protektorat Britania Raya yang bernama Bechuanaland. Hubungan ekonomi dengan Afrika Selatan sangatlah erat. Produk utama adalah peternakan hewan dan pertambangan.

Bepergian ke Botswana adalah pengalaman yang tiada duanya dan semakin ditingkatkan dengan beragam hidangan tradisionalnya yang unik dan lezat. Di banyak negara di dunia, masakan Botswana dikenal sebagai Gastronomi Pelangi, yang sangat dipengaruhi oleh kekayaan etnis dan budaya Botswana yang dinamis.

Untuk memastikan Anda benar-benar membenamkan diri dalam budaya kuliner asli Botswana, berikut adalah 8 makanan terbaik untuk disantap di Botswana dalam perjalanan mana pun.

Makanan Botswana

  1. MOROKO

Morogo adalah hidangan ideal untuk Anda saat mengunjungi Botswana. Morogo adalah hidangan bayam liar padat nutrisi, yang secara tradisional disajikan sebagai lauk dengan pap. Ini menggabungkan setidaknya tiga sayuran berdaun hijau tua yang berbeda, paling sering termasuk daun labu. Morogo juga dikenal sebagai bayam liar atau bayam Afrika dan rasanya sedikit lebih pahit daripada bayam biasa. Secara tradisional disajikan dan dinikmati polos atau dipadukan dengan kombinasi tomat, bawang bombay, dan banyak mentega.

Dikombinasikan dengan pap, Morogo adalah sumber vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium. dan besi. Hal ini tidak hanya menjadikan Morogo hidangan lezat untuk dicoba dan salah satu makanan terbaik untuk disantap saat mengunjungi Botswana, tetapi juga kaya akan nutrisi dan kebaikan. (Makanan Botswana)

2. DIKGOBE

Dikgobe adalah salah satu hidangan paling tradisional Botswana. Makanan ini terdiri dari kacang polong dan buncis yang dimasak dengan api kecil, sering kali disertai saus gurih. Biasanya dimakan dengan makanan jagung tradisional. sorgum, atau samp. Dikgobe dapat dinikmati sebagai makanan utama atau lauk dan merupakan pilihan yang bagus untuk vegetarian.

Jagung dan domba juga bisa ditambahkan untuk menambah rasa dan daging jika diinginkan. Seperti Dikgobe tradisional, campuran kacang dimasak dengan api kecil, dan ketika hampir siap, daging dombanya dipanggang. Setelah selesai, semuanya dicampur menjadi satu dalam satu piring, yang disajikan dengan tangkai peterseli.

3. SESWAA

Seswaa adalah hidangan daging tradisional. Tidak diragukan lagi menjadikannya salah satu dari 8 makanan terbaik untuk dimakan di Botswana. Seswaa terdiri dari daging sapi, kambing, ayam, atau domba yang dimasak perlahan dalam jangka waktu lama hingga benar-benar empuk dan empuk. Daging berlemak umumnya direbus bersama bawang bombay dan merica serta “garam secukupnya” – menurut masyarakat Botswana. Seperti sup enak lainnya di Afrika bagian selatan, Seswaa dimasak perlahan-lahan dalam panci besi cor tradisional berkaki tiga di atas api terbuka.

Setelah dagingnya cukup empuk, dagingnya bisa disajikan apa adanya, atau bisa juga diparut atau ditumbuk dan disajikan di atas alas pap (tepung jagung), dengan polenta, bubur tepung sorgum, kacang-kacangan, atau nasi, atau sebagai isian dalam a sandwich atau jenis roti lainnya.

Sesuai adat istiadat Botswana, para laki-laki biasanya ditugaskan untuk mempelopori pembuatan hidangan tradisional Botswana ini karena menumbuk daging setelah dimasak memerlukan otot dan tenaga. Seswaa paling sering disajikan pada acara-acara penting atau khusus.(Makanan Botswana)

4. BOGOBE

Untuk menyiapkan hidangan tradisional Botswana ini, tepung sorgum, jagung, atau millet dimasukkan ke dalam air mendidih dan dimasak perlahan hingga menjadi bubur lunak. Berbagai macam bahan dapat ditambahkan ke Bogobe untuk menambah rasa dan bumbu, sehingga menciptakan makanan yang unik dan bergizi.

Jagung atau sorgum sering kali difermentasi, dan ditambahkan gula serta susu. Hidangan ini disebut Ting. Selain susu dan gula, terkadang dimakan dengan daging atau sayuran untuk makan siang atau makan malam.

Menambahkan susu asam dan melon untuk membuat lerotse adalah cara lain untuk membuat bogobe. Masakan ini disebut dengan tahu oleh suku Kalanga. (Makanan Botswana)

5. MATEMEKWANE

Matemekwane adalah salah satu hidangan roti paling populer di Botswana. Mirip dengan siomay, Matemekwane terbuat dari tepung maizena atau tepung jagung. Meskipun Botswana tidak benar-benar memproduksi rasa rotinya sendiri, pangsit kecil Botswana ini tidak diragukan lagi telah menjadi bagian penting dan lezat dari makanan pokok negara tersebut.

Karena Matemekwane adalah pangsit yang dibumbui, pangsit ini sering kali diisi dengan berbagai sayuran dan daging untuk menambah rasa asli. Mereka secara tradisional disajikan dengan semangkuk sup panas atau saus dan renyah nikmat di luar dan lembut di dalam.

6. CACING MOPANE

Memanggil semua pemakan petualang! Apa jadinya 8 makanan teratas untuk dimakan dalam daftar Botswana tanpa Cacing Mopane?! Jika Anda ingin menyelami dunia kuliner budaya Botswana, mencoba Mopane Worms pasti ada dalam daftar keinginan Anda. Meskipun Anda mungkin sulit mempercayainya, di Botswana, Cacing Mopane benar-benar merupakan makanan lokal yang lezat.

Ulat ini biasanya disajikan dengan kuah tomat atau sambal kacang dan dianggap cukup enak oleh mereka yang pernah mencobanya. Jika Anda sedang dalam kondisi sehat, lebih baik lagi! Cacing Mopane adalah pilihan makanan sehat yang bagus karena kaya akan protein dan kalsium.

7. MOGODU

Hidangan tradisional Botswana ini disiapkan dengan babat – makanan pokok utama budaya makanan Afrika. Babat adalah lapisan perut daging sapi, babi, atau domba yang dapat dimakan dan dianggap sebagai makanan lezat yang populer dan sangat dicari di sebagian besar negara Afrika. Tidak diragukan lagi menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk dicoba dalam perjalanan Anda ke Botswana.

Mogodu terdiri dari sup beraroma yang biasanya diolah dengan irisan babat dan disajikan dengan kentang dan kacang polong sebagai pelengkap. Mogodu secara tradisional dibumbui dengan jahe, bawang putih, dan cabai. Pastikan untuk mencobanya, ini benar-benar nikmat! (Makanan Botswana)

8. DITLOO

Ditloo, juga dikenal sebagai kacang nyimo, kacang jubo, kacang tanah Bambara atau tindluwa adalah kacang-kacangan Afrika yang paling sering dimasukkan ke dalam masakan Afrika yang menggunakan kacang-kacangan. Ditloo tidak hanya lezat, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang baik dan telah menjadi makanan pokok budaya kuliner Afrika selama beberapa generasi. (Makanan Botswana)

Proses persiapan tradisional melibatkan merendamnya semalaman untuk menghilangkan gas yang menyebabkan perut kembung. Merendam Ditloo terlebih dahulu juga membuat memasaknya lebih mudah dan cepat. Setelah semua langkah selesai dan Ditloo siap disajikan, Ditloo dapat dinikmati sebagai hidangan utama atau camilan lezat. Kacang kering juga sering digiling menjadi bubuk halus dan ditambahkan ke dalam bubur.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *