Makanan Khas Norwegia

Mengutip dari Norway Today, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Norwegia adalah dengan menaikkan pajak gula sebesar 80% pada awal 2018, demi mengurangi konsumsi gula di negara itu sebesar 12,5% pada 2021.

Norwegia adalah negara tersehat kesembilan di dunia. Selama bertahun-tahun, pemerintah Norwegia telah berupaya untuk membuat warganya mengonsumsi makanan sehat dengan berbagai kebijakan.

Makanan Khas Norwegia

Orang-orang Norwegia dilaporkan rata-rata mengonsumsi gula sebanyak 27 kilogram setiap tahunnya. Angka ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan warga Amerika yang rata-rata mengonsumsi gula sebesar 34 kilogram setiap tahunnya.

Bukan hanya itu, bisnis restoran Norwegia juga termasuk yang berkembang pesat di mana sekitar 11 restoran dengan predikat bintang Michelin ada di negara yang hanya berpenduduk sekitar 5 juta jiwa tersebut

Makanan Khas Norwegia

  1. Lapskaus

Lapskaus adalah semur tradisional yang biasanya dibuat dengan kombinasi daging sapi (domba, babi, atau ayam), bawang, kentang, wortel, seledri, rutabaga, kaldu, tepung, daun salam, thyme, garam, dan merica.

Daging sapi dimasak dalam air dengan sayuran dan bumbu. Saat rebusan dimasak, kaldu menjadi lebih kental, dan setelah konsistensinya tepat, disajikan hangat dengan beberapa potong roti.(Makanan Khas Norwegia)

2. Sodd

Sodd adalah hidangan nasional Norwegia berupa sup yang biasanya terdiri atas daging kambing yang dipotong dadu, bakso, wortel dan kentang. Sup ini disajikan dengan kuah bening harum. Sodd umumnya dimasak pada acara-acara khusus dan perayaan yang dinikmati bersama roti pipih.

3. Sour cabbage

Meski populer di banyak negara Skandinavia, surkal secara tradisional dianggap berasal dari Norwegia. Didominasi dengan rasa manis dan asam, hidangan ini terdiri atas irisan halus kubis hijau atau merah yang direbus dalam cuka, gula, dan berbagai rempah. Biasanya, hidangan ini menjadi salah satu makanan wajib yang disajikan saat Natal.

4. Farikal

Hidangan khas lainnya adalah farikal atau kubis domba. Sesuai dengan namanya, hidangan ini terdiri atas daging kambing dan kubis rebus, yang biasanya disajikan dengan kentang rebus. Biasanya, farikal disajikan menjadi hidangan saat musim gugur.(Makanan Khas Norwegia)

5. Skillingsboller

Skillingsboller kue gulung yang dibuat dengan kombinasi tepung, susu, ragi, telur, gula, kapulaga, banyak mentega, dan almond cincang. Setelah dipanggang, skillingsbolle diolesi dengan tambahan mentega pada bagian atas dan bawahnya selagi masih panas.

Bagian atasnya juga ditaburi gula ekstra dan kayu manis. Orang-orang Norwegia menyatap kue ini sebagai camilan sore dengan secangkir kopi.

6. Fiskesuppe (sup ikan)

Fiskesuppe adalah sup ikan khas Norwegia yang terkenal karena teksturnya yang lembut dan cita rasa mentega. Hidangan ini muncul dalam banyak versi, tetapi biasanya terdiri atas berbagai jenis ikan, kerang, dan sayuran akar yang dimasak dalam kaldu, mentega, susu, dan krim.

Meskipun berasal dari daerah pesisir Norwegia, sup hangat seperti sup krim ini dianggap sebagai makanan khas nasional yang disiapkan dan dikonsumsi di seluruh negeri. Sebelum disajikan, sup biasanya dibumbui dengan berbagai rempah segar dan kucuran air lemon.

7. Pinnekjott (iga domba)

Pinnekjøtt adalah hidangan khas Natal yang sebagian besar dinikmati di bagian utara dan barat Norwegia. Biasanya disiapkan dengan iga domba atau kambing, yang diasinkan dan dikeringkan dengan udara atau diasap.

Secara tradisional, iga ditempatkan di cabang birch dan dikukus sampai semua air menguap dan daging menjadi berair dan empuk.

Hidangan klasik Norwegia yang beraroma ini berasal dari metode tradisional pengawetan daging dan biasanya dilengkapi dengan kentang tumbuk atau rebus, lobak Swedia yang dihaluskan, dan berbagai salad.(Makanan Khas Norwegia)

8. Kjottboller (bakso)

Kjøttboller atau kjøttkaker adalah bakso yang biasanya berukuran besar dan lebih sering berbentuk seperti roti daging atau kue daging. Di antara banyak jenisnya, sajian bakso ini menggunakan daging sapi cincang yang banyak dibumbui dengan pala dan jahe, dan kadang-kadang dikombinasikan dengan telur, bawang, gandum, dan tepung jagung.

Orang Norwegia lebih suka menggoreng bakso dan menikmatinya sebagai hidangan utama, disertai dengan saus krim atau kuah kental.

9. Lutefisk

Lutefisk adalah hidangan Skandinavia yang terbuat dari bandeng atau hering kering yang telah diolah dengan garam alkali, sehingga menghasilkan ikan yang memiliki konsistensi seperti agar-agar.

Baik orang Swedia maupun orang Norwegia mengklaim hidangan tersebut sebagai milik mereka, tetapi lutefisk juga disiapkan di Finlandia dan di Amerika Serikat, yaitu di negara bagian Minnesota, yang sebagian besar dikonsumsi oleh imigran Skandinavia.

Setelah dimasak, ikan yang diolah dengan alkali disajikan dengan berbagai lauk pauk. Di Norwegia, biasanya disajikan dengan kentang rebus, kacang hijau tumbuk, mentega cair, dan potongan daging goreng.(kuliner nikmat)

10. Lefse (roti pipih)

Lefse adalah roti pipih tradisional Norwegia yang sekilas mirip seperti tortilla bulat besar. Roti ini biasanya menjadi pendamping berbagai hidangan Norwegia dan dikonsumsi dengan mentega, kayu manis, dan gula. Untuk penyajian, disarankan untuk menggulung roti pipih dan memotongnya secara miring.(Makanan Khas Norwegia)

kuliner nikmat

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *