Warung Nasi Bu Eha yang Sambalnya Mantap

BANYAK rumah makan atau warung makan yang menawarkan sensasi manu tradisonal, tetapi yang ini rada lain. Berada di keramaian Pasar Cihapit, warung makan ini sudah terkenal sejak 1960-an. Konon istri Presiden I Indonesia, Soekarno, Ibu Inggit Garnasih menjadi satu di antara pelanggan warung ini.

Namanya Warung Nasi Bu Eha. Lokasinya berada di Pasar Cihapit. Kawasan Cihapit tidak jauh dari keramaian Jalan LLRE Martadinata (Jalan Riau) tempat factory outlet berjejer, dan berbagai kuliner. Kawasan ini pun terkenal dengan pasar yang menjual barang-barang bekas.

Warung Nasi Bu Eha Pasar Cihapit Bandung. | Foto wikimapia.or
Warung Nasi Bu Eha Pasar Cihapit Bandung. | Foto wikimapia.or

Warung ini berdiri sudah lama sekali, pada 1947. Warung ini milik Nok. Nama Eha merupakan nama kecil pemilik warung ini. Warung ini merupakan warisan dari orang tua ibu Eha. Warung itu mulai berpindah tangan sekitar 1960-an.

Pada 1970-an menjadi buruan para mahasiswa yang kuliah di Bandung. Sekarang, mereka masih ada yang berkunjung ke sana untuk bernostalgia. Sajian tradisional masih menjadi daya tarik para pelanggan untuk kembali ke warung ini.

Gaya lama yang dipertahankan Warung Nasi Bu Eha adalah prasmanan. Pelanggan warung ini bisa memilih apa saja lauk yang ada di meja, layaknya penyajian dalam sebuah pernikahan. Di ujung meja tinggal dihitung makanan apa saja yang diambil.

Selain sajian tradisional, yang menarik lainnya di warung ini adalah deretan foto Soekarno yang berderet di dinding. Sedangkan di bagian lain warung ini terpajang foto-foto putra Bung Karno, Guruh dan Guntur.

Menu dulu dan sekarang di warung ini sedikit berbeda. Dulu warung ini sering menyajikan lotek, sate ayam, juga kentang ongklok. Kentang ongklok adalah kentang rebus yang memakai susu murni yang disukai orang Belanda.

Adapun menu sekarang adalah bebagai jenis pepes, goreng ikan, gepuk, perkedel kentang dan jagung, Soto Bandung, ikan bawal, ayam goreng, urap, dan kepala ikan kakap, menjadi pilihan para pengunjung.

Menu lainnya yang jangan terlupakan adalah sambel dadakan alias sambal yang dibuatnya saat itu juga. Sambel ini berbahan yang masih segar. Rasanya super pedas dan sangat khas.

Mau coba? Datang saja ke Cihapit. *

Warung Nasi Bu Eha

  • Di Pasar Cihapit Bandung
  • Berdiri pada 1947
  • Konon menjadi langganan Ibu Inggit Garnasih, istri Presiden I RI, Soekarno.
  • Menunya ada berbagai pepes, goreng ikan, gepuk, perkedel kentang dan jagung, soto Bandung, ikan bawal, ayam goreng, urap, dan kepala ikan kakap

Satu tanggapan untuk “Warung Nasi Bu Eha yang Sambalnya Mantap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.