Roti Isi Selai Srikaya Warung Kopi Purnama

Salah satu tempat favorit tempat untuk mendengarkan bareng pertandingan langsung pertandinga sepak bola dari radio adalah Warung Kopi Purnama. Warung kopi yang dekat dengan Pecinan ini menjadi tempat untuk nongkrong dan kongko-kongko warga Tionghoa.

Dulu ketika stasiun televisi belum menjamur, penggemar sangat kesulitan untuk menonton siaran langsung pertandingan sepak bola. Jangankan pertandingan di Liga Eropa, untuk pertandingan lokal pun sangat jarang sekali. TVRI yang saat itu satu-satunya stasiun televisi di Indonesia pun hanya sekali-kali memanjakan penggemar olahraga paling populer ini. Namun penggemar sepak bola zaman dulu tak patah arang.

Mereka mengandalkan siaranpandangan langsung pertandingan sepak bola lokal dari Radio Republik Indonesia. Terutama di Bandung tentu saja kalau Persib bermain. Nah para penggemar sepak bola tersebut tidak hanya mendengar sendirian di rumah. Seperti sekarang ada nobar alias nonton bareng, dulu juga ada mendengarkan bareng. Bisa di warung, di pos ronda, di rumah, di mana pun, dan salah satunya di Warung Kopi Purnama.

Warung kopi yang letaknya di Jalan Alkateri ini berdiri sekitar 1930. Pendiri warung ini Yong A Thong yang hijrah dari kota Medan ke kota Bandung sekitar abad ke-20. Dulu namanya bukan Warung Kopi Purnama tetapi Chang Chong Se yang berarti “Silakan Mencoba”.

Warung Kopi Purnama di Jalan Alkateri Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Warung Kopi Purnama di Jalan Alkateri Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Pada 1966 warung itu berganti nama menjadi Warung Kopi Purnama. Warung kopi ini sudah melalui beberapa generasi. Sekarang pengelolaannya adalah generasi ke-4. Pengelola warung tetap mempertahankan cita rasa zaman dulu sehingga bisa bertahan lama.

Adapun menu yang bisa dinikmati di sini di antaranya roti selai srikaya, roti dadar ham sampai lumpia goreng, bubur ayam, gado-gado, bacang, nasi lengko, nasi ayam (chicken rice). Sedangkan minumannya adalah teh tubruk, kopi tubruk, kopi susu panas, es kopi susu, dan es kelapa muda.

Menu unik di sini adalah roti isi selai Srikaya. Roti ini merupakan resep warisan asal Medan. Kopinya juga istimewa karena kopinya adalah Kopi Aroma yang punya cita rasa khas. Pabrik kopi Aroma tidak jauh dari warung ini, di Jalan Banceuy. Kopi ini menjadi favorit pelancong yang datang ke Bandung.

Untuk menuju ke warung ini tidaklah sulit. Tak jauh dari Jalan Asia-Afrika. Dari Kantor Pos Besar tinggal lurus, lalu belok kanan di belokan pertama, persis di Hotel Golden Flower. Sedangkan dari Jalan ABC bisa ditempuh dengan berjalan kaki. *

Warung Kopi Purnama

Alamat: Jalan Alkateri No. 22, Bandung
No. Telp: (022) 420 1841
Operasional: Setiap hari mulai pukul 07.00-19.00

Menu Warung Kopi Purnama

Makanan
Roti selai srikaya
Roti dadar ham
Lumpia goreng
Bubur ayam
Gado-gado
Bacang
Nasi lengko
Nasi ayam (chicken rice)

Minuman
Teh tubruk
Kopi tubruk
Kopi susu panas
Es kopi susu
Es kelapa muda

Menu ini bisa berubah tergantung pengelola Warung Kopi Purnama

SUMBER: tikatheexplorer.wordpress.com

3 tanggapan untuk “Roti Isi Selai Srikaya Warung Kopi Purnama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.