Ting Ting Klenteng yang Manis Gurih

DI Salatiga ada penganan khas namanya ting ting. Kalau di Jawa Barat orang-orang lebih mengenal dan menyebutknya noga. Penganan ini terbuat dari kacang tanah atau wijen yang ditumbuk dan dan dibentuk menjadi kotak kecil-kecil.

Rasanya manis dan renyah. Ting ting yang sudah jadi dibungkus dalam plastik atau kertas layaknya peremen. Rasa yang menonjol dalam penganan ini selain manisnya rasa kacangnya pun sangat terasa. Malah rasa kacang lebih dominan dari rasa manisnya.

Ting ting Klenteng Salatiga
Ting ting Klenteng Salatiga. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Untuk mendapatkan ini bisa diperoleh di toko-toko oleh-oleh. Di Salatiga tepatnya di Jalan Sukawati terdapat toko-toko penjual oleh-oleh. Deretan toko-toko itu persis di depat klenteng Hok Tek Bio yang sudah lama berdiri. Di antara deretan toko tersebut ada toko yang bernama Toko Sederhana. Toko ini berdiri pada 1971.

Di toko itulah ting ting gepuk bisa diperoleh, terutama ting ting gepuk bermerk Klenteng dan 2 Hoolo. Jangan salah pilih ting ting ini dikemas dalam plastik yang berwarna khas yakni kuning dengan garis hitam dan bertuliskan merah.

Ciri khas lain kemasan ting ting ini adalah ada gambar klenteng yang berwarna kuning.
Gambar kelenteng itu menunjukkan ting ting ini dibuat di kelenteng Hok Tek Bio. Pembuatan ting ting ini dirintis pertama oleh Khoe Tjong Hok pada 1920-an.

Klenteng Hok Tiek Bio merupakan saksi sejarah masuknya ajaran agama Budha di Kota Salatiga. Klenteng Hok Tiek Bio menjadi simbol dari keberadaan penganut Tri Dharma, yakni kombinasi antara agama Budha, Khong Hu Cu dan Taoisme.

Ting ting mereka Klenteng merupakan ting ting gepuk pertama dan tertua di Salatiga. Penganan ini bisa terus bertahan dan tak lantas menghilang meski penganan-penganan moderen bermunculan. Usaha ting ting ini tetap diteruskan oleh generasi ketiga Khoe Tjong Hok .

Ting ting khas Salatiga kini tak hanya dijual di kota itu, tetapi juga sudah menyebar ke kota lain seperti di Yogyakarta. Selain itu ada juga yang menjual penganan ini lewat dunia maya seperti di media sosial dan laman jual beli. *

Ting ting Gepuk Cap Klenteng & 2 Hoolo

Di jual di Toko Sederhana
Jl. Sukowati no 4 Salatiga
Telpon 0298 – 716 8921
Buka 08:00 – 22:00 WIB

Bahan tulisan
http://maribelajarsejarahsalatiga.weebly.com/klenteng-hok-tiek-bio.html
http://www.pesonanegeri.com/2013/02/09/pesona-kuliner-salatiga-oleh-oleh-khas-salatiga-ting-ting-gepuk-cap-kelenteng-2-hoolo-yang-legendaris/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.