Tempe Goreng Khas Bandung yang Masih Dicari

TEMPE goreng, sale pisang, oncom goreng, masih banyak yang mencari, kendati oleh-oleh Bandung sudah banyak ragamnya. Baik kuliner yang modern, maupun kuliner hasil modivikasi dari makanan tradisional yang sudah lama beredar di kota ini.

Para pedagang oleh-oleh Bandung ini terus bertahan di tempat keramaian, seperti di dekat terminal, stasiun, pasar, dan sekarang pintu jalan tol. Mereka terus berpromosi, kendati harus bersusah payah bersaing dengan makanan-makanan yang belakangan muncul.

Tempat oleh-oleh di Bandung tidak hanya ada di satu tempat, tapi menyebar ke beberapa kawasan, seperti di Pasar Kosambi. Kedai penjual oleh-oleh Bandung ini sudah lama berada di sana. Bahkan sebelum Pasar Kosambi direnovasi seperti sekarang.

Di sana ada 4-5 kedai siap melayani pengunjung yang ingin membawa buah tangan ke daerahnya masing-masing. Bukanya mulai pagi hingga malam. Pedagang oleh-oleh ini berada di bawah Pasar Kosambi tak jauh dari jembatan penyebrangan Cipaera.

Kedai oleh-oleh juga ada di dalam Pasar Kosambi. Tinggal masuk ke pasar meniti tangga menuju kedai oleh-oleh khas Bandung. Kedai ini pun ada di bagian belakang pasar. Salah satunya adalah kios Simanalagi di Blok B1, A15. Di sini tersedia goreng oncom, goreng tempe, sale pisang aneka rasa, dodol Garut, wajit Cililin, tengteng, kremes, opak Conggeang, dan lain-lain.

Kalau penjual oleh-oleh yang dekat terminal berada di dekat Terminal Leuwipanjang. Tak jauh dari terminal tepatnya di Jalan Leuwipanjang berjejer penjual oleh-oleh. Di sini pengunjung bisa langsung menyaksikan proses penggorengan oleh-oleh, seperti kripik tempe, oncom goreng dan yang lainnya.

Pengunjung juga bisa mencicipi oleh-oleh sebelum dibeli. Bahkan langsung dari tempat yang telah disediakan, yakni tempat untuk meniriskan minyak dari gorengan tersebut. Tapi tentu saja setelah mencicipi jangan langsung pergi tanpa membeli apapun dari sana.

Di sini, selain goreng tempe dan oncom tersedia sale pisang, dodol, keripik, ubi, kerupuk, dan lain-lain. Tidak kurang dari 10 macam peganan yang dijajakan. Pengunjung membelinya dengan cara kiloan yang dibungkus dalam plastik.

Penjual peganan khas Bandung juga terdapat di Jalan Cibaduyut. Di sini  pedagang menjajakan  goreng tempe, goreng oncom, sale, dan dodol.

Di Jalan Buahbatu, tak jauh dari pertigaan pintu tol Buahbatu, juga ada penjual camilan serupa. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.