Tahu Gejrot, Nikmatnya Susah Hilang

TAHU gejrot adalah makanan khas Cirebon. Tapi itu bukan berarti harus pergi ke sana jika ingin menikmatinya. Sekarang, makanan ini sudah menyebar ke mana-mana, terutama ke kota-kota besar seperti Jakarta, Malang, Depok, Surabaya, termasuk Kota Bandung.

Pedagang tahu gejrot ini berjualan ada yang menggunakan menggunakan pikulan. Pikulannya khas. Terbuat dari bambu. Di bawahnya bentuknya seperti tolombong yang terbuat dari anyaman bambu. Terus di bagian depan pikulan itu ditutup kain yang warananya bisa hijau, putih, atau apa saja. Tapi biasanya kebanyakannya hijau.

Pedagang tahu gejrot di Simpang Lima, Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Pedagang tahu gejrot di Simpang Lima, Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Para pedangan ini bisa berkeliling di jalanan di pusat kota, ke perkampuangan, dan ke kompleks-kompleks. Dulu, di Bandung, sebelum kawasan Gedung Merdeka direvitalisasi, mereka sering nongkrong di sini. Tepatnya di tepi Sungai Cikapundung di seberang jalan samping Gedung Merdeka.

Setiap Mingu di Car Free Day, seperti di Dago dan Buahbatu, Bandung, mereka memanfaatkan momen tersebut mejaring pembeli. Pokoknya di setiap ada keramaian di sana pula tahu gejrot dijajakan penjualnya.

Tahu gejrot tak hanya dijual oleh pedagang keliling, tapi juga ada di food court, restoran, dan bahkan ke hotel-hotel yang suka bikin acara kuliner nusantara. Seperti di Paskal Foodmarket di Jalan Pasir Kaliki, Bandung. Di Jalan Kliningan, Buahbatu, di depan SMKN 4, Bandung juga ada pedagang tahu gejrot.

Namanya juga tahu gejrot, jadi bahan utamanya sudah pasti tahu goreng. Tahu goreng dipotong-potong kecil-kecil, kemudian dibubuhi saus. Kalau soal rasa jangan tanya deh. Tahunya yang gurih, dan sausnya yang khas rasanya semakin susah melupakan penganan ini.

Tahu gejrot biasanya disajikan dalam layah kecil. Layah itu piring kecil yang terbuat dari tanah liat. Untuk menjaga kebersihan si layah tadi dilapisi daun pisang. Selain untuk kebersihan, daun pisang ini bisa memberikan rasa harum pada tahu gejrot yang siap santap.

Uniknya, untuk menyantap tahu gejrot tidak menggunakan sendok, tatapi bambu atau kayu yang berbentuk tusuk gigi telah disediakan penjualnya sebagai alat penusuk tahu tersebut. Biasanya tahu yang disajikan adalah tahu Sumedang.

Menurut Pikiran-Rakyat.com, populasi pedagang tahu gejrot di Banding bertambah terus hingga mencapai 120 persen pada 2012. Sampai tahun 2010-2011, pedagang tahu gejrot di Kota Bandung hanya berkisar 40-an orang. *

Tahu Gejrot

  • Bahan utamanya tahu goreng
  • Tahu goreng dipotong-potong kecil-kecil
  • Dibubuhi saus
  • Disajikan dalam layah kecil
  • Untuk menjaga kebersihan si layah tadi dilapisi daun pisang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.