Serba Rasa Serabi Bandung

SERABI Badung memiliki ciri khas di atasnya ditaburi oncom. Taburan oncom tersebut menyerupai sambal oncom yang rasanya bisa pedas bisa juga tidak. Selain itu rasanya ada terasa manis-manisnya. Kombinasi ini sangat melezatkan jika disantap bareng segelas kopi atau teh pada pagi hari.

Selain oncom, ada serabi yang tanpa taburan apapun. Serabi ini disimpan dalam mangkuk yang dibubuhi kinca (kuah manis yang terbuat dari gula merah). Cara makannya bisa pakai tangan atau menggunakan sendok.

Serabi Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Serabi Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Khasnya lagi bagian bawah serabi yang menghitam karena pembakaran. Bagian ini kadang menjadi favorit bagi sebagian penikmat serabi. Bagian ini lebih keras dari bagian lain. Rasanya sedikit pahit.

Serabi sekarang bukan lagi sekadar makanan kaki lima yang mengenyangkan. Peganan khas Jawa Barat ini telah naik kelas menjai menu yang ditawarkan di kafe-kafe, restoran, atau bahkan di hotel-hotel.

Rasanya yang tadinya hanya serabi kinca (manis) atau serabi yang ditaburi oncom, kini semakin bervariasi. Serabi sekarang topping-nya bermacam-macam bervariasi dengan makanan-makanan dari mancanegara seperti keju, cokelat butir, telur atau yang lainnya.

Bahkan di sebuah kedai serabi di Jalan Setiabudi menawarkan 27 varian rasa, ada rasa stroberi, rasa ayam, rasa telur, rasa cokelat, dan lain-lain. Kedai serabi ini disebut-sebut sebagai pelopor pembuat serabi aneka rasa.

Serabi di Jalan Cikutra, dekat Pasar Cikutra, di sini menjual tiga rasa yakni serabi polos, serabi oncom, dan serabi telur. Serabi telur juga dijual di Jalan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Serabi telur adalah serabi yang topping-nya satu butir telur yang diceplokkan ke serabi yang lagi dimasak.

Harga serabi di kaki lima biasanya berada di kisaran Rp 2.000-3.000. Kalau yang topping-nya menggunakan telur harganya lebih mahal bisa mencapai Rp 5.000-Rp 6.000.

Serabi terbuat dari tepung beras dicampur parutan kelapa. Serabi dimasak/dipanggang di penggorengan yang terbuat dari keramik. Apinya bukan berasal dari kompor gas atau minyak melainkan dari suluh dari kayu. *

Serabi di Bandung

  • Serabi Jalan Setiabudi
  • Serabi di Jalan Cikutra, dekat Pasar Cikutra
  • Serabi di Jalan Bojongsoang
  • Serabi di Jalan Rajamantri Kaler

Kalau ada yang ingin menambahkan serabi lezat lainnnya silakan isi boks komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.