Seporsi Bubur Kasmin Bikin Kenyang

SEMUA orang sudah pasti tahu dan pernah merasakan bubur ayam. Bubur ini banyak yang menjualnya baik yang kaki lima, kedai, warung, restorang, atau bahkan restoran. Soal harga dan rasa tentu saja berbeda-beda. Tetapi kadang justru yang di kaki lima yang rasanya benar-benar menendang.

Di Kota Bandung pun ada beberapa tempat yang menjajakan bubur ayam. Tengok saja di kawasan Sudirman. Di sana ada beberapa jongko kaki lima yang spesialis menjual bubur. Satu di antaranya yang populer dan sudah lama berjualan adalah bubur Capitol.

Bubur Kasmin atau Capitol di Jalan Kasmin, Kawasan Sudirman Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Bubur Kasmin atau Capitol di Jalan Kasmin, Kawasan Sudirman Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Jongko Bubur Capitol berada di Jalan Kasmin. Jalan Kasmin adalah sebuah jalan yang bisa tembus dari Jalan Cibadak ke Jalan Sudirman. Jalannya tidak besar hanya cukup untuk satu kendaraan roda empat.

Namanya yang mentereng mencomot nama Capitol, kantor Kongres Amerika Serikat di Washington D.C. ini karena dulunya penjual bubur ini berjualan di depan bioskop Capitol di Jalan Sudirman. Bioskop ini sudah tidak ada karena lahannya menjadi pusat bisnis.

Bubur Capitol pindah ke Jalan Kasmin pada 1990-an. Karena berjualan di Jalan Kasmin, penggemar bubur di kota ini kemudian menyebutnya bubur Jalan Kasmin. Pengelolanya juga akhirnya mengganti nama bubur Capitol menjadi bubur Kasmin pada 2010. Tapi di rodanya tetap ada tulisan “Bubur Capitol”.

Soal rasa tentu saja tidak berubah. Bubur ini tetap mempertahankan cita rasa yang telah dikenal oleh penggemarnyma. Rupanya tempat dan pergantian nama tidak mempengaruhi perkembangan bubur ini. Bubur Kasmin masih tetap dicari hingga sekarang.

Dalam page facebook, pengelola bubur Kasmin memberi garansi buburnya tetap memakai racikan dan bumbu jaminan mutu. “Rasanya tidak berubah masih seperti dulu tetap enak. Silakan dicoba deh,” begitu dalam info di page facebook mereka.

Bubur Kasmin adalah bubur ayam khas Bandung yang terlihat encer. Topping-nya terdiri dari suwiran daging ayam, ati ampela, telur rebus, kacang kedelai, bawang goreng, kerupuk dan emping. Bubur Kasmin buka pada malam hari.

Harga bubur Kasmin Rp. 16.000 per porsi. Sedangkan setengah porsi Rp 12.000. Tidak murah memang. Harga tersebut seperti yang terlihat dalam daftar harga pada Senin (28/9/2015). *

Bubur Kasmin

  • Harga seporsi┬áRp. 16.000
  • Setengah porsi Rp. 12.000
  • Jalan Kasmin berada di Kawasan Cibadak dan Sudirman

Satu tanggapan untuk “Seporsi Bubur Kasmin Bikin Kenyang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.