Sekarang Ada Lho Amplang Buat yang Tidak Suka Ikan

Amplang adalah makanan tradisional yang terbuat dari ikan. Makanan ringan khas Samarinda. Makanan ini mulai diperkenalkan rumah-rumah industri di Samarinda pada 1970-an. Makanan ini terus menyebar di Kalimantan Timur. Kemudian ke Kalimantan Utara dan pesisir timur Sabah, Malaysia.

Sebenarnya bahan utama amplang adalah ikan belida, namun karena ikan tersebut sudah mulai langka, bahannya diganti dengan ikan tenggiri atau ikan gabus. Ikan tersebut dicampur dengan tepung kanji dan bahan-bahan lainnya, dan kemudian digoreng.

Amplang. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Amplang. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Sekarang amplang menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Samarinda. Namun untuk mendapatkan amplang tidak harus ke sana karena di supermarket-supermarket di kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, atau Medan pun sudah dijual.

Selain di supermarket, amplang juga banyak yang menjualnya lewat online seperti di media sosial atau laman jual beli seperti bukalapak.com atau tokopedia.com. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung banyaknya, tapi ada yang menawarkan sekantung amplang harganya Rp 110.000.

Untuk mencarinya gampang, tinggal masuk ke bukalapak.com, kemudain cari di kotak pencarian dengan memasukan kata kunci amplang. Maka di halaman itu akan muncul berbagai varian amplang, penjualnya, dan tentu saja harganya. Jadi mana yang disukai tinggal dipilih.

Para pembuat amplang tidak terpaku pada rasa orisinal (rasa ikan, amplang kuku macan) yang telah lama menjadi buruan para wisatawan. Kini mereka juga membuat amplang dalam berbagai varian rasa seperti rasa rumput laut atau rasa kepiting.

Sebuah produsen amplang, Bontings telah membuat amplang rasa rumput laut. Rasa tersebut untuk memberikan pilihan bagi yang tidak terlalu suka rasa atau aroma ikan, atau juga karena alasan kesehatan.

Harga amplang yang dijual Botings bervariasi misalnya amplang kecil yang terdiri dari dua varian ikan tengiri dan rumput laut yang dijual dalam kemasan plastik berdimensi 12 cm x 16 cm harganya Rp 5.000. Adapun amplang tanggung dengan rasa yang sama harganya Rp 10.000. Amplang besar dijual Rp 20.000 dan amplang jumbo dijual Rp 39.000. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.