Sashimi, Irisan Ikan atau Daging Mentah Menu Khas Jepang

Pernah makan Sashimi? Makanan dari Jepang ini merupakan hidangan yang tanpa dimasak terlebih dahulu alias mentah. Di restoran Jepang, makanan ini sering menjadi hidangan favorit penggemar masakan Jepang.

Bahan yang disajikan untuk sashimi bisa seafood,  potongan mentah daging Kuda (Basashi), daging ayam (Torisashi), hati ayam atau hati sapi, potongan konnyaku, dan kembang tahu yang disebut yuba.

Ada pendapat  kata sashimi berasal dari kata Namashishi (daging mentah) atau Namasuki (potongan segar). Biasanya hidangan ini dimakan bersama penyedap sepertikecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

Sashimi seafood bisa ikan, kerang, dan udang karang. Ketiga bahan tersebut  disakan dalam bentuk irisan kecil agar mudah dimakan. Khusus udang berukuran kecil hanya dikupas kulit dan dibuang kepalanya.

sashimi
Ikan Hiramasa utuh. | Foto https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sashimi

Menyantap hidangan tersebut biasanya harus dibarengi tsuma. Tsuma adalah hidangan penyerta berupa lobak yang dipotong panjang-panjang, tipis, dan halus. Bisa juga tsuma daun berwarna hijau yang disebut Oba (Aojizo), atau rumput laut seperti Wakame dan Tosakanori.

Ada beberapa jenis sashimi yang dikenal, di antaranya tsugatazukuri. Tsugatazukuri adalah potongan-potongan ikan yang disusun di atas tubuh ikan yang utuh  mulai dari kepala hingga ekor. Hidangan ini  ini  biasanya  hanya dinikmati pada kesempatan istimewa.

Kemudian ada ikezukuri. Ikezukuri merupakan tsugatazukuri yang ikannya masih  hidup hanya beberapa saat sebelum dihidangkan.

Jenis  lainnya ada tataki. Tataki adalah potongan ikan yang dibakar sebentar untuk mendapatkan kematangan di bagian luar namun masih  segar di bagian dalam. Tataki ikan cakalang (Katsuo) dimakan bersama saus Ponzu, parutan bawang putih dan irisan daun bawang.

Untuk menyantap tataki ikan atau daging  dicelup sebentar dalam cuka, diiris tipis-tipis, kemudian dibumbui dengan jahe yang ditumbuk hingga hancur. Menumbuk jahe hingga hancur inilah yang menjadi asal mula istilah tataki. Hidangan paling populer sashami  tataki adalah tuna tataki salad. *

Beberapa Jenis Sashimi

  • Tsugatazukuri
  • Ikezukuri
  • Tataki

Bahan yang Biasa Disajikan

  • Seafood:  ikan, kerang, dan udang karang
  • Potongan mentah daging Kuda (Basashi)
  • Daging ayam (Torisashi)
  • Hati ayam atau hati sapi
  • Potongan konnyaku
  • Kembang tahu

SUMBER: id.m.wikipedia.org

Satu tanggapan untuk “Sashimi, Irisan Ikan atau Daging Mentah Menu Khas Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.