Rumah Makan Jamblang di Sadakeling

PERNAH menyantap nasi jamblang? Kalau penasaran ikuti penjelasan di bawah ini. Apa itu nasi jamblang? Berasal dari mana nasi Jamblang? Apa saja yang disajikan? Tinggal baca sampai tuntas.

Nasi jamblang berasal dari daerah Jamblang di Cirebon. Yang membedakan dengan makanan lain, nasi jamblang dalam penyajiannya dibungkus daun jati. Sekarang makanan khas Cirebon ini sudah menyebar ke mana-mana hingga ke kota-kota besar seperti Bandung.

Rumah Makan Nasi Jamblang JAlan Sadakeling Bandung. | Foto serbabandung.com
Rumah Makan Nasi Jamblang JAlan Sadakeling Bandung. | Foto serbabandung.com

Di Bandung nasi jambal bisa diperoleh di Rumah Makan Nasi Jamblang. Lokasinya di Jalan Sadakeling No 11. Jalan Sadekeling tidak jauh dari Jalan Buahbatu. Dari Jalan Buahbatu kemudian ke Jalan Gurame baru belok ke Jalan Karapitan. Setelah itu di persimpangan belok lagi ke kanan menuju ke Jalan Sadakeling. Jangan belok kanan lagi, tetapi belok kiri. Dari pertigaan jaraknya tinggal beberapa meter saja. Rumah Makan Nasi Jamblang ada di sebelah kiri.

Kalau dari arah Jalan Burangrang, jika dari Jalan Gatot Soebroto tinggal cari persimpangan empat Jalan Burangrang dan Talagabodas. Di sana belok kanan. Setelah itu lurus saja. Sebaliknya kalau dari Jalan Lodaya tinggal belok kiri di persimpangan tersebut. Adapun kalau dari arah Talagabodas ambil arah lurus di persimpangan itu.

Pengunjung bisa memilih apa yang akan disantap. Di rumah makan ini kurang lebih ada 35 menu khas Cirebon. Rumah makan ini menyajikan lauk pauknya dengan cara perasmanan. Di atas meja di antaranya tersedia ikan asin jambal, sate kentang, paru sapi kering, perkedel kentang, dan tahu kuah.

Lauk lainnya yang bisa dipilih adalah sambal merah, daging rendang, sate telor burung puyuh, balakutak, dengdeng daging. Ada juga prekedel “Nok” yang renyah di luar lembut di dalam.

Menu khas Cirebon lainnya seperti empal gentong juga tersedia di sini. Empal gentong mirip dengan gulai. Empal dimasak di atas perapian menggunakan bahan bakar kayu bakar pohon mangga. Empat itu dimasak dalam gentong atau periuk tanah liat.

Daging dalam empal gentong ini adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong ini seperti dikutip dari Wikipedia, berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Rumah makan ini buka setiap harinya pukul 09.00 – 20.00. Soal harga tergantung lauk pauk yang diambil, kira-kira di kisaran Rp 8.000-15.000. *

Rumah Makan Nasi Jamblang

Jalan Sadakeling No 11 Burangrang Tlp 022 7305370.
Buka Setiap Hari pukul 09.00 – 20.00

Lauk Pauk di Ruman Makan Nasi Jamblang

  • Ikan Asin Jambal
  • Sate Kentang
  • Paru Sapi Kering
  • Perkedel Kentang
  • Tahu Kuah
  • Sambal Merah
  • Daging Rendang
  • Sate Telor burung Puyuh
  • Dll

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.