Rujak-rujak yang Rasa dan Kelezatannya Tak Bisa Terbantahkan Lagi

Rujak adalah makanan sejenis salad yang terdiri dari buah-buahan yang masih segar dan dilengkapi bumbu khusus. Penganan ini  banyak jenisnya, ada bebek, ulek,  cuka, dan lain-lain.

Penganan ini  ada yang dijual di jalan-jalan. Penjualnya menggunakan roda untuk menjajakan jajanan ini. Buah-buahannya terlihat segar tersimpan di kotak berkaca. Bumbunya seperti rujak ulek. Rasanya manis dan bisa pedas. Penjual penganan ini bisa ditemui di dekat keramaian atau di halaman sekolah.

Begitu juga dengan penganan tersebut yang dibebek. Penjualnya menjajakannya menggunakan pikulan. Kalau ada yang membeli, pedagangnya mengeluarkan jubleg dan ulekan. Kemudian mengiris beberapa macam buah-buahan, bumbu, pisang muda, dan cabai rawai. Semua bahan dibeubeuk (ditumbuk) dalam jublek tersebut.

Salad buah-buahan ulek merupakan buah-buahan segar dengan bumbu gula dan kacang tanah sungguh menggoda selera diulek hingga menjadi satu.

rujak
Rujak soto. | Foto id.wikipedia.org

Ada juga rujak cingur. Ini adalah makanan tradisional di Jawa Timur, terutama di Surabaya. Penganan ini berbahan irisan rebusan mulut atau moncong sapi dicampur irisan buah-buahan yang diberi saus atau bumbu. Cingur adalah bahasa Jawa untuk mulut.

Bumbunya terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Kemudian diulek.

Kalau yang ini hasil modivikasi. Namanya rujak  banci. Penganan  ini merupakan campuran ulek dan cuka. Penganan ini  berbahan buah-buahan yang diiris-iris.

Rujak Cireng

Ada sajian Cireng tidak seperti pada umumnya. Bukan buah-buahan sebagai bahan utamanya melainkan penganan terbuat dari aci yakni cireng. Hanya saja penjualnya menyeduh cireng dengan bumbu khas. Rasanya yang pedas manis membuat orang ketagihan.

Rujak Soto adalah masakan khas dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Masakan ini merupakan paduan unik antara  sayur dan soto, bisa soto daging (daging sapi) atau sato babat. Bahkan ada yang memadukan dengan soto ayam atau soto ceker (kaki ayam). *

Sumber:
serbabandung.com
id.wikipedia.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.