Peuyeum Bandung yang Legit dan Menyehatkan

DI mana mencari peuyeum di Bandung? Tidak sulit sebetulnya karena biasanya di dekat terminal dan pasar, pedagang makanan tradisional khas Bandung ini pasti ada. Di dekat terminal Leuwipanjang, dan Cicaheum misalnya. Peuyem-peuyeum ini bergelantungan di bagian depan kedai oleh-oleh.

Peuyuem juga biasa dijual di toko oleh-oleh seperti di Pasar Baru dan Pasar Kosambi. Dekat stasiun kereta api Bandung di Jalan Kebun Kawung juga ada. Pedagang peuyeum juga ada yang menjajakannya menggunakan pikulan. Pedagang ini biasanya berkeliling ke perumahan-perumahan. Namun di kota ini sudah jarang terlihat, paling sekali-kali bisa terlihat di pinggiran kota, seperti di Baleendah, Kabupaten Bandung.

Peuyeum Bandung
Peuyeum Bandung. | Foto serbabandung.com

Harga peuyeum berkisar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per gantung. Peuyeum yang dijual ini biasanya digantung menggunakan tali, makanya harga yang ditawarkannya juga per gantung. Harga di atas biasanya bisa ditawar. Tinggal pandai-pandainya pembeli menawar harga peuyeum tersebut.

Berbeda dengan pedagang keliling. Biasanya mereka mengunakan pikulan terbuat dari bambu. Peuyeum itu disimpan di pikulan yang beralaskan daun pisang. Daun pisang itu juga yang menjadi pembungkus peuyeum yang telah terbeli. Harganya bukan pergantung tapi per biji. Harganya berkisar Rp 5.000-10.000.

Peuyuem ini selain bisa disantap langsung, masih bisa diolah lagi menjadi makanan yang juga lezat. Peuyeum biasa dibuat kolak, atau digoreng kemudian dicocolkan ke gula pasir. Peuyeum juga bisa dibuat menjadi colenak. Colenak adalah makanan khas Bandung yang bahannya menggunakan peuyeum yang dibakar. Kemudian cara memakannya mencocolkannya ke kuah gula mereh yang bercampur kelapa.

Toko Colenak di Bandung ada di Jalan Cicadas. Colenak yang di sini namanya Colenak Murdi Putra. Colenak ini sangat terkenal karena pernah menjadi hidangan untuk para tamu Konferensi Asia Afrika pada 18 April-24 April 1955.

Peuyeum Bandung berbeda dengan peuyeum Kuningan. Peuyeum Bandung terbuat dari singkong. Adapun peuyeum Kuningan terbuat dari ketan hitam. Namun caranya pembuatannya sama-sama menggunakan ragi.

Manfaat.co.id menyebut 10 manfaat peuyeum singkong, yakni untuk menghangatkan badan, membantu tubuh lebih berenergi, bisa meningkatkan manfaat seksual, untuk obat jerawat, untuk diet, sumber probiotik, meningkatkan sistem syaraf dan otot, meningkatkan fungsi pencernaan, mencegah anemia, dan bisa mengatasi penyakit darah tinggi.

Saking nikmat dan lezatnya peuyeum ada sebuah lagu yang liriknya khusus mengenai peuyeum. Berikut penggalan lirik lagu tersebut:

Peuyeum Bandung kamashur
Pangaosna teu luhur
Ku sadaya kagaleuh
Sepuh jeung murangkalih

(Peuyeum Bandung terkenal
Harganya tidak mahal
Oleh semua orang terbeli
Orang tua dan anak-anak)

Ini Dia Tempat-tempat Penjual Peuyeum

  • Di dekat terminal Leuwipanjang
  • Di Cicaheum
  • Di Pasar Baru
  • Di Pasar Kosambi
  • Di Jalan Kebun Kawung
  • Di stasiun kereta api

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.