Pecel Lele yang Enak dan lezat di Bandung

PERNAH menyantap pecel lele panas-panas, terus pedas, dan air minumnya juga masih hangat. Hmmm, sayang kalau belum. Sensasinya luar biasa. Rasa lele yang gurih bercampur sambalnya yang pedas bisa mengundang keringat bercucuran di muka. Coba saja, pokoknya nikmatnya tidak ketulungan.

Untuk menikmati seporsi pecel lele plus bermandikan keringat tidak harus mengeluarkan budget banyak. Sekitar Rp 20 ribu juga cukup. Uang segitu sudah cukup untuk seporsi pecel lele plus nasi uduk, juga tahu-tempe. Bahkan mungkin kelebihan.

Jongko pecel lele di Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Jongko pecel lele di Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Tertarik? Jangan cari yang jauh-jauh karena jongko pecel lele ini hampir ada di setiap jalan tepi jalan besar. Apalagi di Kota Bandung yang termasuk kota metropolitan, dan relatif aman pada malam hari.

Jongko pecel lele biasanya buka mulai sore hari, sekitar pukul 15.00. Tapi di beberapa tempat ada juga kedai pecel lele yang sudah buka pada siang hari. Salah satunya di Jalan Buahbatu, depan Kantor Polisi Sektor Lengkong Bandung.

Para pedagang pecel lele ini biasanya tidak berdagang di kedai permanen. Mereka membangun jongkonya ketika waktu berdagang sudah mendekat. Setelah dagangan habis menjelang tengah malam, jongkonya dibongkar kembali.

Tenda atau jongko para pedagang pecel lele ini memiliki kekhasan. Mereka memasang layar untuk menutupi jongko yang terbuat dari kain putih. Di layar terdapat gambar lele, ayam, bebek dengan tulisan besar-besar, seperti “pecel lele”, “ayam goreng”, atau “bebek goreng”. Warnanya beragam, ada yang hijau, merah, kuning dan hitam.

Mereka sebenarnya masih menyediakan menu lain selain pecel lele. Menu yang tersedia adalah soto ayam, soto babat, ayam goreng, bebek goreng, dan burung dara goreng. Harganya sudah pasti terjangkau.

Pecel lele bukan kuliner asli Bandung. Makanan ini berasal dari Jawa Tengah. Di sana makanan ini disebut pecak lele. Pecel lele adalah ikan lele yang digoreng kemudian dibubuhi sambal pecak, atau saat memakannya dicocolkan ke sambal itu. Dalam penyajiannya ditambah lalapan seperti kemangi, kubis, mentimun, dan kacang panjang. Jika masih kurang, biasanya masih bisa ditambah tahu atau tempe.

Di Bandung sendiri banyak kedai pecel lele. Namun ada beberapa kedai pecel lele yang direkomendasikan beberapa blog, seperti Pecel Lele Lela yang berada di Jalan Dipatiukur Bandung. Kemudian pecel lele Mc Darmo di depan pintu masuk Taman Lalu Lintas. Mc Darmo hanya buka pada malam hari.

Pecel Lele Metro juga direferensikan sebuah blog untuk dicoba. Pecel lele di depan SMP 12 juga. Jangan lupakan pecel lele di Jalan Buahbatu, depan Kantor Polisi Sektor Lengkong Bandung. Pecel lele di sini rasanya mantap. Satu lagi, Pecel Cak Rifqy di Jalan terusan Buahbatu, yang ini juga patut diperhitungkan. Kalau tidak percaya, coba saja. *

Pecel Lele di Bandung

  • Pecel Lele Lela di Jalan Dipatiukur
  • Pecel lele Mc Darmo di depan pintu masuk Taman Lalu Lintas
  • Pecel Lele Metro
  • Pecel lele di depan SMP 12 Pecel lele di Jalan Buahbatu depan Kantor Polisi Sektor Lengkong Bandung
  • Pecel Cak Rifqy di Jalan terusan Buahbatu
  • Pecel lele di samping SDN Karangpawulang di Jalan Karwitan-Reog

* Jika masih ada yang lain silakan tambahkan di boks komentar di bawah ini.

2 tanggapan untuk “Pecel Lele yang Enak dan lezat di Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.