Mie Kocok Mang Dadeng Bisa Bertahan Lama, Apa Rahasianya?

BICARA soal mi kocok di Kota Bandung, nama yang satu ini pasti takkak terlewatkan. Ya, mi kocok ini memang sudah menjadi incaran para pemburu kuliner Bandung sejak dulu. Namanya Mie Kocok Mang Dadeng. Kedai mi kocok ini sudah berdiri pada 1958. Sebuah prestasi yang sulit tertandingi untuk sebuah kedai mi kocok yang bisa bertahan selama 57 tahun.

Mi kocok ini tak hanya disukai oleh warga Bandung saja, tetapi warga luar Bandung, seperti dari Jakarta, Subang, Tasikmalaya, bahkan dari luar jawa pun tak mau melewatkan sajian mi yang segar dan gurih ini. Mie Kocok Mang Dadeng memang sudah kakoncara (terkenal) ke mana-mana.

Mie Kocok Mang Dadeng Bandung
Mi Kocok Mang Dadeng Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Apa rahasia mi kocok ini hingga bertahan lama? Bumbu spesial yang diracik ternyata mengandung 27 rempah-rempah. Apa saja rempah-rempah tersebut? Tentu saja rahasia. Yang pasti rempah-rempah tersebut membuat Mi Kocok Mamg Dadeng menjadi kaya rasa, dan kikilnya tidak berbau amis.

Kalau sapinya, Mie Kocok Mang Dadeng memilih sapi dari Jawa. Bukan sapi perah. “Kalau sapi perah kurang vitaminnya. Tidak gurih,” kata pemilik Mi Kocok Mang Dadeng, Dadeng saat diwawancarai NET News di youtube.com.

Kedai mi kocok ini berada di Jalan Banteng 67 (sekarang Jalan KH. Ahmad Dahlan). Lokasinya tak jauh dari Rumah Sakit Muhammadiyah, dan Hotel Horison. Jika dari arah Buahbatu bisa melalui Jalan Pelajar Pejuang 45 ke arah Jalan Gatot Subroto. Sebelum perempatan Jalan Martanegara-Lodaya belok kanan.

Selalu Antre

Untuk membuktikan betapa mi kocok Mang Dadeng banyak yang menyukai silakan datang saja pada saat waktu makan siang, atau pada hari libur, dijamin terjadi antrean. Kadang setelah lama antre pengunjung gagal mendapatkan mi kocok spesial khas Mang Dadang yang melegenda itu.

Mi kocok Mang Dadeng yang laris manis ini terdiri dari mi rebus dan dikocok, ditambah urat atau kikil sapi, sayuran tauge, daun bawang, bawang goreng dan jeruk nipis beserta kuah kaldu sapi. Yang istimewa adalah potongan kikil dari kaki sapi, dan sumsum sapi. Kikil yang digunakan empuk, kenyal dan tebal. Untuk mi kocok spesial sumsum sapinya disajikan lebih banyak ketimbang yang biasa. Keistimewaan lainnya pengunjung bisa menyantapnya dengan kerupuk aci.

Harga untuk seporsi mi kocok biasa Rp 18.000, sedangkan untuk mi kocok spesial berharga Rp 21.000. Harga tersebut bisa saja tidak sama karena bisa saja pengelola mi kocok Mang Dadeng telah mengubahnya. Mi kocok Mang Dadeng buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00 WIB. *

Mie Kocok Mang Dadeng

  • Berdiri pada 1958.
  • Bumbu spesial yang diracik ternyata mengandung 27 rempah-rempah.
  • Kedai mi kocok ini berada di Jalan Banteng 67 (sekarang Jalan KH. Ahmad Dahlan).
  • Harga untuk seporsi mi kocok di kisaran Rp. 20.000-25.00
  • Mi kocok Mang Dadeng buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00 WIB.

2 tanggapan untuk “Mie Kocok Mang Dadeng Bisa Bertahan Lama, Apa Rahasianya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.