Menikmati Kesegaran Es Oyen

ES Campur Oyen sudah menjadi minuman khas Bandung. Rasanya tentu saja manis menyegarkan. Kalau belum pernah mencobanya, siap-siap saja berangkat ke Jalan Sukajadi bawah.

Kedai Es Oyen dekat persimpangan Jalan Sukajadi dan Jalan Sederhana. Dari arah atas kedai Es Oyen berada di sebelah kiri. Kalau dari arah Pasirkaliki gedung berlantai dua ini berada di sebelah kanan.

Kedai Es Oyen di Jalan Sukajadi Bandung. | Foto zetakuliner.blogspot.com
Kedai Es Oyen di Jalan Sukajadi Bandung. | Foto zetakuliner.blogspot.com

Es Oyen terdiri dari berbagai macam buah-buahan yaitu alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, nangka. Kemudian diberi es serut dan susu kental manis. Secara kasat mata tidak ada yang istimewa. Tapi ketika dicicipi kesegarannya bikin ketagihan. Rasa manisnya membaur dengan buah-buahan yang tercampur dalam satu mangkok. Coba saja, rasanya seperti berbeda dengan es campur yang lain.

Kedai Es Oyen tak hanya menjual es campur, tatapi juga menawarkan menu lain kepada pengunjungnya. Di sini tersedia juga ayam goreng, ayam bakar, tongseng kambing, sate, batagor kuah, batagor kering dan lain-lain.

Es Oyen terkenal ke mana-mana. Banyak sekali di kota ini kedai Es Oyen. Tak hanya di kota ini, di kota-kota lain seperti Jakarta, Yogyakarta, bahkan ke luar Jawa juga berdiri kedai Es Oyen. Gerai-gerai itu belum tentu cabang Es Oyen Sukajadi karena saking banyaknya.

Di depan kedai Es Oyen terdapat spanduk yang tertulis “Berdiri Sejak 1962”. Tahun tersebut apakah kelahiran Es Oyen atau bukan, tidak jelas. Dalam poster yang menempel di kedai itu diceritakan bisnis ini sudah dirintis sejak 1955.

Pemilik Es Oyen, awalnya berjualan berkeliling di kawasan Bungsu (Jalan Veteran) dan Kosambi. Basar juga merambah daerah-daerah lain seperti Jatayu.

Basar pernah tinggal di Veteran sebelum pindah ke Sukajadi. Di Sukajadi, dia memutuskan menetapkan dan membuka kedai es campur. Saat itu Basar melayani sendiri para pembeli sebelum merekrut karyawan.

Lalu, mengapa kedai ini bernama Es Oyen? Oyen itu adalah kakeknya Basar. Dari Oyen lah Basar menerima semua ilmu bisnis. Basar mengaku berasal dari Kabupaten Garut.

Basar masih mempertahankan tipsnya berdagang hingga sukses seperti sekarang, yakni  keuletan, kejujuran, dan ketabahan.*

Sumber: Dari artikel yang ditempel di kedai Es Oyen

Foto:  zetakuliner.blogspot.com

Yang Dijual Es Oyen

  • Es Campur
  • Es Doger
  • Ayam goreng
  • Ayam bakar
  • Tongseng kambing
  • Sate
  • Batagor kuah
  • Batagor kering

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.