Martabak San Francisco, Martabak Kreasi Unik yang Lezat

INGIN menikmati martabak manis tapi sehat? Coba saja Martabak San Francisco. Kata pengelolanya sih, martabak ini menggunakan gula yang rendah kalori. Lagi pula hampir dipastikan bahan yang digunakan untuk membuat martabak dijamin berkualitas nomor satu.

Selain sehat, martabak  ini banyak ragamnya. Pembeli bisa memilih yang manis atau asin. Kreasi Martabak San Farncisco di antaranya adalah Martabak Green Tea, Martabak Cungky Bar, Martabak Tiramisu dan lainnya.

Kemasan martabak ini adalah dus yang aman bagi kesehatan. Dus sebelum digunakan dipanaskan dulu dalam microwave. Tintanya dalam juga terbuat dari bahan soya atau kedelai. Tinta ini aman dikonsumsi kendati termakan.

Martabak San Francisco mengembangkan konsep waralaba sejak 2011. Saat ini sudah ada kedai martabak berkonsep waralaba seperti di Depok, BSD, Bintaro, Cibubur, Kelapa Gading hingga Pekanbaru. Waralaba dibuka khusus untuk daerah di luar Bandung. Muncul juga brand lain yang lebih ekonomis bernama “Kue Bandung Mr. Buyung.”

Martabak San Francisco
Martabak San Francisco di Jalan Buahbatu, Bandung. | Foto serbabandung.com

Buyung adalah putra Bong Kap Djun alias Adjun. Adjun merupakan orang Bangka yang merantau ke Bandung dan memperkenalkan martabak San Francisco. Adjun memulai bisnisnya pada 1965, tapi bukan martabak yang dijual melainkan kue ekonomi.

Dia berjualan di depan kantor PLN, Jalan Asia Afrika, Bandung. Kue ekonomi berbentuk bulat di atasnya ditaburi gula pasir dan kacang. Kemasannya hanya bungkus kertas koran. Saking sederhananya kue itu kemudian disebut kue ekonomi.

Adjun berpindah berdagang ke Jalan Gatot Subroto, Katapang Bandung. Pada 1967 kue ekonomi berubah nama menjadi Martabak San Francisco. Adjun menamakan martabaknya Martabak San Francisco karena terinspirasi lagu Scott McKenzie yang berjudul “San Francisco”.

Saat itulah kue sederhana berubah menjadi penganan mewah. Mulai dari penampilan hingga rasa berubah. Kue itu ditambahkan mentega, keju, cokelat dan kacang dalam pembuatannya. Rasa dan bentuk tersebut hingga sekarang tetap dipertahankan. Kini, Martabak San Francisco beralamat Jl. Burangrang No. 42.

Menu Martabak San Francisco

  • Martabak manis kacang
  • Martabak manis cokelat
  • Martabak manis keju
  • Martabak manis wijen
  • Martabak asin
  • Martabak original
  • Martabak Green Tea
  • Martabak Cungky Bar
  • Martabak Tiramisu

Bahan tulisan: martabaksanfrancisco.com/tentang-kami/

Summary
Review Date
Reviewed Item
Martabak San Francisco
Author Rating
51star1star1star1star1star

2 tanggapan untuk “Martabak San Francisco, Martabak Kreasi Unik yang Lezat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.