Martabak Bangka Asin Plus Kuah Pempek

DI Kota Bandung banyak penjual martabak. Martabak yang dijual banyak merek dan jenisnya. Satu di antaranya adalah martabak Bangka. Martabak ini menyebar ke seluruh pelosok kota. Mereka berdagang di pinggir-pinggir jalan.

Martabak ini sangat sulit mendapatkan pada siang hari karena biasanya berdagang menjajakannya menjelang malam hingga tengah malam. Bagi yang sudah tidak kuat untuk mencicipi martabak ini harus bersabar menunggu hingga malam hari tiba.

Martabak Bangka. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Martabak Bangka. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Martabak Bangka seperti kebanyakan martabak lainnya. Martabak ini bulat, kemudian disimpan dalam kardus setelah dipotong-potong kecil. Pembeli bisa memilih berbagai rasa yang ditawarkan, seperti martabak pisang, meses, rasa keju, kacang, atau rasa lainnya.

Mengenai rasa martabak ini sudah terkenal kelezatannya. Martabak ini rasanya tidak terlalu manis. Lagi pula campurannya bisa membuat yang menyantapnya ketagihan. Harga martabak Bangka berada di kisaran Rp 20.000-25.000.

Tak hanya ada yang rasanya manis, martabak Bangka juga tersedia yang rasanya asin. Martabak Bangka rasa asin tersedia dari rasa daging sapi, telur, atau ayam. Setiap membeli martabak Bangka rasa asin biasanya mendapat tambahan kuah pempek dalam kotak.

Penambahan kuah pempek erat kaitannya dengan martabak San Francisco. Awalnya, pemilik martabak San Francisco, Bong Kap Djun alias Adjun yang menambahkan kuah pempek ke dalam kotak martabak asin. Ajun yang juga menjual pempek merasa sayang kuah yang tersisa terbuang percuma.

Adjun merupakan pendiri martabak San Francisco. Dia merantau dari Bangka ke Kota Bandung. Bisnis martabak yang dirintisnya terus berkembang. Adjun membawa keluarganya dari tanah leluhurnya ke Bandung untuk berjualan martabak. Mulai dari sanalah, muncul nama martabak Bangka di Kota Bandung.

Mengenai sejarah perkembangan martabang Bangka dan martabak San Francisco terdapat dalam tulisan sejarah Martabak San Francisco di laman martabaksanfrancisco.com. Tulisan itu menyebutkan klaim tersebut, dan sekaligus mengupas perjuangan Adjun hingga berhasil membangun bisnisnya. *

Yang Dijual di Martabak Bangka

  • Martabak keju
  • Martabak meses
  • Martabak pisang
  • Martabak telur daging sapi
  • Martabak telur daging ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.