Mantapnya Menyantap Bubur Kacang Tanah Plus Cakue

SUDAH merasakan menyantap bubur kacang tanah saat subuh? Coba saja. Jika belum harus siap-siap subuh-subuh ke Jalan Babatan di belakang Pasar Baru Bandung. Di sana ada penjual bubur kacang tanah Hokkian yang terkenal itu.

Bubur ini disajikan dalam mangkuk berukuran sedang. Buburnya berwarna putih.  Kacang itu berwarna putih karena telah dikupas sebelumnya. Rasanya manis, meski tidak terlalu manis. Rasakan juga suapan pertama hingga terkahir saat kacangnya lumer di mulut.

Bubur kacang tanah dan cakue
Bubur kacang tanah dan cakue Toko Osin Jalan Babatan, Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Bubur ini cocok dipadukan dengan makanan lainnya seperti cakue. Cakue yang terasa asin tidak menjadikan kenikmatan bubur dan cakue menghilang. Sebaliknya perpaduan penganan ini semakin terasa kelezatannya. Cakue yang biasanya saat memakannya dicocolkan ke sambal ikut memberikan andil sensasi perpaduan tersebut.

Oh iya. Kedua makanan tersebut bisa diperoleh di Toko Osin. Kedai ini sudah ada sejak 1920. Dulu toko ini bernama Lie Tjay Tat. Tepatnya toko ini berada di Jalan Babatan 64a. Toko ini sudah buka pukul 05.00 sehingga menjadi buruan yang ingin sarapan di sana.

Bagi yang belum tahu Jalan Babatan, jalan ini berada di belakang Pasar Baru. Masuknya bisa dari Jalan Oto Iskandardinata kemudian belok kanan ke Jalan Pasar Utara, tepat di samping Pasar Baru. Setelah itu belok kiri lagi ke Jalan Pasar Barat. Dari Pasar Barat belok kanan lagi ke Jalan Belakang Pasar. Dari jalan ini sekali lagi belok kiri lagi ke Jalan Babatan. Toko Osin tidak jauh dari persimpangan.

Bagi yang ingin mencoba ke sana sebaiknya jangan terlalu. Toko ini tutupnya pukul 11.00, namun menu yang ditawarkan selalu sudah habis sebelum waktunya toko tutup. Sebaiknya jika memang ingin ke san di bawah pukul 10.00.

Toko Osin selain menjual  cakue dan bubur kacang tanah,  menjual makanan khas Tiongkok lainnya, seperti bapia, kompia, kompia isi, bubur ayam, bubur kacang, pangsit kuah, kue tambang, dan kue cinsoko 1/4 kg.

Di sini harga untuk cakue yang ukurannya sangat besar Rp. 5.000. Menu lainnya seperti bapia Rp. 11.000, kompia Rp. 4.500, kompia isi Rp. 11.000, bubur ayam Rp. 15.000, bubur kacang tanah Rp. 17.500, pangsit kuah Rp. 25.000, kue tambang Rp. 35.000, dan kue cinsoko 1/4 kg Rp. 35.000. *

Menu Selain Bubur Kacang Tanah Toko Osin

  • Cakue jumbo Rp. 5.000
  • Bapia Rp. 11.000
  • Kompia Rp. 4.500
  • Kompia isi Rp. 11.000
  • Bubur ayam Rp. 15.000
  • Bubur kacang tanah Rp. 17.500
  • Pangsit kuah Rp. 25.000
  • Kue tambang Rp. 35.000
  • Kue cinsoko 1/4 kg Rp. 35.000

Harga ini bisa saja telah berubah

Satu tanggapan untuk “Mantapnya Menyantap Bubur Kacang Tanah Plus Cakue

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.