Legit dan Segarnya Cendol Elizabeth

SATU di antara banyaknya minuman tradisional yang menyegarkan dan banyak dicari di Kota Bandung adalah es cendol. Salah satu es cendol yang menjadi favorit adalah es cendol Elizabeth. Rasanya manis legit, dan cendolnya terasa dingin di tenggorokan. Belum lagi irisan buah nangkanya yang harum dan menggoda selera.

Es cendol ini juga bisa diperoleh di Jawa Tengah. Orang sana menyebutnya dawet. Kalau diperhatikan secara seksama cendol dan dawet memiliki perbedaan. Kalau cendol berwarna hijau memiliki ukuran lebih besar. Sedangkan dawet warnanya biasanya putih, memiliki ukuran kecil.

Cendol Elizabeth di Jalan Inhoftank Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung
Cendol Elizabeth di Jalan Inhoftank Bandung. | Foto serbabandung.com #serbabandung

Dalam satu gelas es cendol Elizabeth merupakan perpaduan cendol, irisan nangka, santan kental, serutan es batu, dan larutan gula merah yang kental. Gula merah cendol Elizabeth akan tersa beda dengan cendol lainnya karena gulanya didatangkan khusus dari perajin gula di Cilacap, Jawa Tengah.

Seperti cendol lainnya, cendol Elizabeth terbuat dari sagu. Cendol itu menjadi hijau tidak menggunakan zat pewarna, melainkan menggunakan pewarna alami yang berasal dari daun suji. Supaya cendol itu baunya harum digunakan daun pamdan yang memang sering digunakan untuk pengharum makanan.

Selain gula yang didatangkan dari Cilacap, bahan-bahan lain yang disebutkan di atas juga merupakan pilihan dari tempat penghasil bahan-bahan itu. Sagu didatangkan dari Kepulauan Riau. Sedangkan pandan dan daun suji berasal dari kebun di Ciparay dan Majalaya, Kabupaten Bandung.

Kedai es cendol Elizabeth berada di Jalan Inhoftank No. 64 Bandung. Di kedai tersebut selain menjual ea cendol juga menjual menu lain seperti batagor, mi bakso, lotek, dan minuman lainnya.

Jalan Inhoftank berada di seberang Lapangan Tegallega. Hanya beberapa meter dari Museum Sribaduga. Dari traffic light di perempatan Jalan Oto Iskandardinata dan Jalan BKR dari arah Mohamad Toha belok kiri. Jalan ini juga tembus ke Jalan Soekarno Hatta.

Selain di kedai di Jalan Inhoftank, cendol Elizabeth juga bisa diperoleh di Jalan Oto Iskadardinata, Cihampelas, Merdeka, Buahbatu, Setrasari, Pahlawan, Kopo, Majalaya, dan di Tasikmalaya. Cendol Elizabeth banyak dijual pedagang kaki lima namun tidak semua menjual benar-benar cendol Elizabeth karena ada juga yang hanya menggunakan namanya saja. *

Es Cendol Elizabeth

  • Lokasi di Jalan Inhoftank No. 64 Bandung
  • Cendolnya terbuat dari sagu
  • Menggunakan pewarna alami dari daun suji
  • Sebagaia pewangi dipilih daun pandan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.