Kue Koya, Kue Jadul yang Masih Dicari

KUE Koya adalah makanan jaman dulu yang masih ngangenin sampai sekarang. Kue yang terbuat dari kacang ini sempat menjadi penganan favorit pada tahun 1970-an hingga 1990-an. Satu di antaranya yang paling terkenal adalah kue koya merek Cap Delima Tawon Tau Sa Ko. Kue Koya ini buatan perusahaan kue Nam Hien Malang, Jawa Timur.

Kemasan kue koya cap Delima Tawon dibungkus kertas putih. Logo buah delima dan tawon berwarna merah. Tulisan Delima Tawon Kuwe Koya Tau Sako juga berwarna merah. Arti Tau Sako sendiri adalah kue yang terbuat dari tepung kacang.

Kue Koya Delima Tawon. | Foto bukalapak.com
Kue Koya Delima Tawon. | Foto bukalapak.com

Kemasan tersebut berisi lima kue koya. Kue yang bentuknya bulat ini disimpan menumpuk dalam kemasan itu. Untuk bungkusan sedang kemasan berisi lima koya itu dimasukan lagi dalam kemasan isinya empat bungkus.

Kue koya yang melegenda ini, sekarang, tak hanya dijual di warung atau toko kue saja, tapi juga dijual lewat online. Ada yang menawarkan lewat media sosial, chating, atau melalui web seperti Toko Pedia.

Penjual di Toko Pedia menjual kue koya per gulung. Ada 2 kemasan yang ditawarkan masing-masing untuk kemasan isi 10 Gulung, dan kemasan isi 4 gulung. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 25.000-30.000 per kemasan isi 4 gulung kue koya. Di laman bukalapak ada yang menjual kue ini Rp 25.000 per kemasan 4 gulung.

Berbeda dengan kue koya yang lain, kue koya Delima Tawon jika digigit di dalamnya terdapat kacang yang berwarna hitam. Kalau tidak lupa sebelum menyantap kue koya Delima Tawon perhatikan di kue itu tertera dua huruf HN.

Bagi yang lupa atau yang belum merasakan kue koya, kue ini rasanya manis. Jika digigit akan meninggalkan sisa-sisa yang menempel di gigi. Jadi cocok juga menyantapnya bareng teh panas, atau kopi.

Untuk membuatnya banyak sekali resep-resep yang ditulis dalam blog atau laman. Untuk mendapatkannya tinggal membuka mesin pencari google, lalu ketika kue koya. Jangan salah mengklik laman yang memuat cara membuat koya soto. *

Bahan membuat kue koya

  • Kacang hijau 200 gram, disangrai, kupas kulitnya
  • Gula halus 175 gram
  • Air 2 sendok makan
  • 1/4 sendok teh essence vanili

Cara membuat kue koya

  • Sangrai kacang hijau dan buang kulitnya kemudian dihaluskan dengan blender atau ditumbuk sampai benar benar halus.
  • Masukan gula halus kedalamnya ditambah sedikit air dan vanili Aduk sampai rata kemudian diayak.
  • Ambil cetakan kue satu atau koyah kemudian masukan adoanan untuk dicetak. Tekan tekan adonan agar padat.
  • Masukan kedalam Oven panas 150 derajat Celsius hingga kering. Angkat dan dinginkan.
  • Sebaiknya jemur kue ini, masukan kedalam toples kedap udara.

Resep ini merupakan karya dari masakkue.com

2 tanggapan untuk “Kue Koya, Kue Jadul yang Masih Dicari

  • 17/01/2017 pada 7:14 am
    Permalink

    Ni saya lg makan kue koya Gan…Tau Sa Ko asal Malang…beli d toko di Tarakan Kaltara..kmrn 8 rbu isi 10 yg bentuknya kotak…jadul bangaet ni kue sejak jaman saya msih SD smpe skr Umur 36 rasanya ga berubah..cita rasa jadoel

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.