Kue Balok yang Naik Kelas

KUE ini enaknya disantap saat hangat. Biasanya disantap untuk mendampingi kopi atau teh pada malam atau pagi hari. Bentuknya seperti balok, dan rasanya manis. Ya, betul, namanya kue balok. Penganan tradisional asli Bandung ini tak tergerus makanan modern yang semakin banyak ragamnya.

Kue yang biasanya dijual di pinggir jalan sudah naik kelas. Sekarang sudah banyak pedagang kue balok di kafe dan di kedai-kedai. Kue balok sekarang semakin kaya rasa dengan beragam topping yang tersedia, seperti keju, cokelat, atau stroberi.

Kue balok di Jalan Moh Toha Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Kue balok di Jalan Moh Toha Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Kue balok Pajagalan adalah salah satu favorit penikmat penganan ini. Lokasinya di pertigaan Jalan Astanaanyar dan Jalan Pajagalan. Pelanggannya datang dari berbagai kalangan, di antaranya ibu-ibu yang baru pulang dari pasar, dan orang bermobil yang sengaja datang.

Penjual kue balok, Asep, menjajakannya di gerobak yang sudah tersedia pembakaran cetakan kue balok. Untuk membakarnya Asep membutuhkan arang. Gerobak Asep siap melayani pelanggannya mulai pukul 04.00 hingga pukul 10.00.

Kue balok di Bandung di Jalan Abdul Rahman Saleh juga favorit. Kue balok ini sudah ada sejak 1960-an. Buka dari sore sampai malam hari, kecuali hari Minggu. Kue balok di sini tersedia dalam berbagaj rasa, seperti cokelat, keju, stroberi.

Kue balok juga ada di Jalan Cihapit, Bandung. Namanya kue Balok Mang Uju. Kue balok ini adonannya kental karena tidak menggunakan air. Cairan yang digunakan hanya susu murni yang masih segar. Sedangkan bahan-bahannya adalah terigu, telor, gula murni, dan pengembang.

Uniknya kue balok Mang Uju, kendati sudah dingin karena disimpan dalam satu hari, teksturnya tidak berubah tetap lembut. Untuk kembali menyantapnya tinggal hangatkan saja di microwave. Rasanya dijamin seperti pertama kali membeli.

Kedai Kue Balok ini juga terdapat di Jalan Cicalengka Antapani, dan Jalan Ganeca (ITB). Harga kue balok Mang Udju Rp. 1.250 per buah dan yang bertoping Rp.1.500 per buah. Harga minuman berkisar Rp. 4.000 – Rp.  5.000. Harga tersebut bisa saja telah berubah sesuai kebijaksanaan pengelola kue balok Mang Uju. *

Kue Balok di Bandung

  • Jalan Moh Toha Dekat Gerbang Tol
  • Jalan Buahbatu
  • Jalan Kliningan
  • Jalan Cihapit
  • Jalan Abdul Rahman Saleh
  • Jalan Cicalengka Antapani
  • Jalan Ganeca

Satu tanggapan untuk “Kue Balok yang Naik Kelas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.