Hebat, Sekarang Ada Bandros Green Tea

BUKAN hanya kue cubit yang ada rasa green tea-nya, tapi sekarang ada juga bandros rasa green tea. Bahkan ada bandros rasa cokelat keju, dan sebagainya. Yang pasti peganan khas orang Sunda ini semakin banyak variannya. Sekarang bandros tidak hanya tersedia dalam rasa asin  plus kelapa saja.

Bandros adalah makanan tradisional yang dijual berkeliling oleh pedagangnya. Ada yang menggunakan pikulan, ada juga yang menggunakan roda. Biasanya pedagang roda berjualan di tempat-tempat ramai, atau di depan sekolah-sekolah dasar.

Bandros 2 Rasa Jalan Terusan Buahbatu Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Bandros 2 Rasa Jalan Terusan Buahbatu Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Bandros enaknya dimakan saat hangat. Biasanya peganan ini dimakan dicocolkan pada gula pasir, atau saus yang pedas. Untuk menambahkan kenikmatan bisa disantap sambil menyeruput teh atau kopi hangat. Bandros adalah peganan yang kerap dikonsumsi pada pagi hari.

Bandros adalah peganan yang berbahan utama tepung beras. Adapun bahan pendukungnya adalah  santan, daun pandan, garam, kelapa parut kasar, telur yang  dikocok, dan air.

Dalam pembuatannya sebagian tepung beras, santan, daun pandan dan garam direbus bersama-sama. Sambil diaduk hingga mengental. Adonan yang mengental ditambahkan sisa tepung beras dan kelapa parut.

Jangan lupa sebelum dicampurkan tepung beras dan kelapa parut diaduk terlebih dahulu. Memasukkan juga telur yang sudah dikocok dan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk secara merata.

Adonan yang sudah jadi masukkan ke dalam cetakan. Jangan lupa cetakannya dipanaskan terlebih dahulu. Cetakan bandros bentuknya sama dengan cetakan kue pukis. Untuk menambah variasi taburi bagian atas adonan dengan cokela, keju, atau yang lainnya. Terakhir cetakan sebaiknya ditutup hingga bandros benar-benar matang.

Pedagang bandros di Kota Bandung yang banyak dicari orang terdapat di Cisangkuy. Bandros tersebut lebih dikenal dengan sebutan bandros gaul. Bandros gaul terdiri dari berbagai macama rasa seperti bandros rasa keju, bandros cokelat dan juga bandros susu.

Di seberang gedung Telkom Japati, Bandung, ada bandrod Hebab yang buka pada 18.00 hingga 24.00. Namanya bansros Hebab. Di sini juga banyak ragam bandros, seperti  bandros manis, yang terdiri dari rasa original, cokelat, pisang susu, keju susu, keju cokelat, keju pisang, cokpis, hingga cokpis keju.

Adapun untuk  bandros asin  terdiri dari rasa original, oncom, telur, kornet, sosis, ayam, keju, dan  beragam kombinasinya yang mencapai lebih dari 20 jenis.

Di kawasan Lengkong Kecil ada  Dynos Bandros yang menjual bandros green tea, keju, dan biskuit. Untuk bandros asin, Dynos Bandros menyediakan bandros telur, sosis, baso dan sebagainya.  Kedai ini buka setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 19.00-00.00 WIB.

Di Jalan Terusan Buahbatu dekat pintu masuk ke Buahbatu Regency juga ada. Bandros 2 Rasa ini hanya buka pada pagi hari. Harnya Rp 2.500. Sambil menikmati bandros di tepi jalan sekalian bisa melihat kemacetan lalu lintas di sana yang selalu macet setiap pagi dan sore. *

Bandros di Bandung

  • Bandros  Cisangkuy  atau Bandros Gaul
  • Bandros di seberang gedung Telkom Japati, Bandung, yang buka mulai pukul 18.00 hingga 24.00. Namanya bansros Hebab.
  • Dynos Bandros di kawasan Lengkong Kecil
  • Bandros 2 Rasa di Jalan Terusan  Buahbatu, buka pada pagi hari. Harganya Rp 2.500
SUMBER: http://id.m.wikipedia.org/wiki/Bandros

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.