Hamburger yang Enak Itu Ternyata Berasal dari Jerman

HAMBURGER buatan apa yang sering dibeli? Jika pertanyaan dilontarkan kepada penyuka roti sanwidch ini pasti ada yang menjawab hamburger McD atau McDonald’s. McDonald’s bisa jadi merupakan hamburger yang paling banyak dibeli. Bayangkan saja McDonald’s yang memiliki 30.000 rumah makan di seluruh dunia termasuk Indonesia pada 2014, berapa pengunjungnya setiap hari.

McD memang sulit tersaingi, namun sebetulnya ada beberapa hamburger yang diproduksi oleh merek lain seperti Burger King, A&W dan Wendy’s. Di Indonesia burger ini pun membuka cabangnya di beberapa kota seperti di Bandung, Jakarta dan Surabaya.

hamburger
McDonalds Burger. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Banyak yang belum tahu hamburger merupakan makananan yang berasal dari sebuah kota kedua terbesar di Jerman, yakni Hamburg. Makanan ini bisa masuk ke Amerika dibawa oleh imigran dari kota tersebut. Makanan ini orang sana menyebutnya hamburg steak.

Roti isi berbentuk bulat ini terus berkembang. Rasa dan variasi burger pun bermunculan. Ada yang mengganti penggunaan daging sapi dengan daging babi, cumi-cumi, ikan, udang dan lobster.

Di Jepang, Cina, dan Taiwan mengenal rice burger. Orang sana mengganti roti dengan nasi. Bagi yang vegetarian ada burger yang khusus dibuat untuk vegetarian dengan mengganti daging dengan gluten, atau tahu.

Di Indonesia juga bermunculan burger unik seperti dilakukan oleh pengusaha kuliner di Bandung dengan membuat black burger, burger rasa rendang, burger tempe, dan burger batok. Burger batok adalah burger yang dikukus dalam batok kelapa aromanya khas dan rasanya nikmat.

Restoran McDonald’s tak ketinggalan. Mereka menciptakan menu yang cocok dengan lidah lokal. Seperti di Indonesia. McDonald’s yang buka pertama kali di Indonesia di Sarinah, Jakarta pada 23 Februari 1991, menjual ayam goreng dan nasi. Menu ini tidak dijual selain di McD di Indonesia.

Di Norwegia, McD menjual menu McLaks, yakni sandwich salmon. Di India burger yang dijual bernama Maharaja Macs dengan daging kambing. Ada juga McAloo Tikki burger untuk umat Hindu vegetarian. *

Merek Hamburger

  • McDonald’s
  • Burger King
  • A&W
  • Wendy’s
Summary
Hamburger yang Enak  Itu Ternyata Berasal dari Jerman
Article Name
Hamburger yang Enak Itu Ternyata Berasal dari Jerman
Description
HAMBURGER buatan apa yang sering dibeli? Jika pertanyaan dilontarkan kepada penyuka roti sanwidch ini pasti ada yang menjawab hamburger McD atau McDonald's. McDonald's bisa jadi merupakan hamburger yang paling banyak dibeli. Bayangkan saja McDonald's yang memiliki 30.000 rumah makan di seluruh dunia termasuk Indonesia pada 2014, berapa pengunjungnya setiap hari.
Author
Publisher Name
kulinernikmat.com
Publisher Logo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.