Goyobod Kliningan yang Menyegarkan

MENCARI minuman yang segar? Datang saja ke Jalan Kliningan, Buahbatu, Bandung. Di sini terdapat penjual goyobod yang segar. Namanya Gokil alias Goyobod Kliningan. Roda goyobod ini tepatnya berada di Jalan Kiliningan B-9 Bandung. Hanya beberapa meter dari dari Jalan Buahbatu, dan depan SMKN 4.

Minuman menyegarkan ini dijual Rp. 5.000, relatif murah memang. Pembelinya kebanyakan pelajar yang sengaja menongkrong di sana. Jalan Kliningan termasuk dekat dengan beberapa sekolah. Selain SMKN 4 di sana juga ada SMKN 8. Masih di kawasan itu, di Jalan Solontongan ada SMAN 8 dan SMKN 3.

Goyobod Kliningan
Goyobod Kliningan. | Foto serbabandung.com

Tapi bukan berarti tidak ada pengunjung lain selain anak sekolahan, pegawai kantoran, mahasiswa, atau pengunjung lainnya sering menyempatkan diri untuk menyeruput minuman ini. Mereka biasanya mencicipi minuman tersebut di tenda yang telah disediakan atau dibawa pulang.

Tenda roda Gokil merupakan sebuah halaman rumah. Halaman itu diubah menjadi pusat jajanan serba ada (pujasera) yang tidak terlalu luas menyusul keberhasilan goyobod menarik konsumen ke sana. Di sana sekarang, selain penjual goyobod ada juga penjual tahu gejrot, batagor, dan mi bakso. Kawasan itupun yang tadinya perumahan kini berubah menjadi pujasera.

Sebuah laman citizenmagz.com menceritakan bagaimana perjuangan pemilik Gokil hingga bisa seperti  sekarang. Perintis Goyobod Kliningan ini adalah seorang yang biasa dipanggil Abah. Abah memulai bisnisnya pada 5 maret 2000. Sekarang Abah bisa bisa menjual 2.000-3.000 gelas per harinya. Pada Ramadan, goyobod ini bisa terjual dua kali lipat, mencapai 5.000 gelas per harinya.

Goyobod dalah campuran dari hunkue yang dibuat kotak-kotak, serutan kepala, sirop, dan serutan es. Yang membuat goyobod ini terasa berbeda dengan es campur lainnya adalah campuran roti yang dimasukkan ke dalam campuaran tadi. Goyobod biasanya disajikan untuk takjil saat berbuka puasa pada Ramadan.

Banyak yang menyebut goyobod berasal dari Garut. Namun ada yang menyebut juga Goyobod itu buatan orang Bandung, tapi saat peristiwa Bandung Lautan Api pembuat Goyobod itu pindah ke Garut.

Di Garut sendiri ada pedagang goyobod yang sudah tersohor, yakni di kawasan Alun-Alun Garut, sebelah Rutan Garut dan Jalan Pajajaran. Goyobod ini sering diserbu orang-orang luar Garut pada hari libur. Goyobod juga ada di kawasan sentra kerajinan kulit Sukaregang, di Jalan Rumah Sakit depan kantor Arsip Garut, di sekitar Simpang Lima, dan Pemda. *

Goyobod Kliningan

  • Jalan Kiliningan B-9 Bandung
  • Hanya beberapa meter dari dari Jalan Buahbatu
  • Depan SMKN 4
  • Segelas Rp 5.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.