Dodol Picnic, Si Manis yang Tetap Bertahan

GARUT sudah lama mendapat sebutan sebagai kota dodol. Kota ini mendapat sebutan itu karena menjadi penghasil dodol. Meski dunia kuliner terus berkembang, dodol yang dihasilkan kota ini tetap menjadi favorit. Terutama dodol Picnic. Dodol ini sudah lama berdiri dan melegenda.

Dodol adalah penganan yang terbuat santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Rasanya sangat manis. Di Garut, dodol ini berbentuk kubus yang dibungkus oleh kertas khusus.

Dodol Picnic. Foto dodolpicnicgarut.com
Dodol Picnic. Foto dodolpicnicgarut.com

Di Garut sendiri bermunculan kulinet-kuliner yang mengundang selera. Satu di antaranya adalah penganan hasil pengembangan dari dodol. Namanya Chocodot. Dodol yang berbalut rasa cokelat. Penganan ini pun sudah mulai merambah ke mana-mana. Pemasarannya tidak hanya dilakukan di Garut.

Chocodot tidak lantas menggusur kepopuleran Dodol Picnic. Bayangkan penganan rasanya yang manis yang sudah berdiri sejak 1949 ini tetap masih banyak yang mencari. Awal pendiriannya mereknya bukan Picnic tapi Dodol Halimah. Produksinya juga masih skala rumahan. Home industri ini hanya memperkerjakan 5 orang. Pemasarannya pun tidak jauh-jauh daerah hanya di sekitar kota Garut.

Perusahaan yang didirikan oleh H. Iton Damiri dan H. Ato Hermanto terus mengembangkan usahanya. Termasuk daerah pemasaran yang tidak hanya di Garut saja. Iton mulai melihat potensi pasar di kota lainya di Pulau Jawa. Ekspansi pemasaran pun mulai dilakukan ke luar Garut pada 1955. Pengembangan itu dibarengi penggantian merek dari Haliman menjadi Fatimah.

Iton menengajak adiknya Aam Mawardi untuk terus mengembangkan bisnis dodolnya. Merek dodol pun kembali berubah menjadi Picnic dengan nama perusahaan Herlinah. Penamaan perusahaan tersebut terjadi pada 1957. Pada 14 Juli 1959, Picnic resmi terdaftar di Direktorat Patent.

Dodol Picnic semakin disukai. Pada 1969, Dodol Picnic mulai diperkenalkan ke luar Jawa. Kerberhasilan Dodol Picnin mulai diendus pebisnis lain. Perusahaan-perusahaan dodol lain pun bermunculan di Garut muapun di kota lain.

Pada 1972 Aam Mawardi meninggal dunia. Dia digantikan oleh adiknya, H. Muksin. Dodol Picnic pun terus berkembang. Pada 1973 perusahaan meredesain kemasan untuk menghindari pemalsuan dari perusahaan lain yang tidak mua bersaing secara sehat.

Untuk menggenjot untuk memenuhi permintaan yang semakin tidak tertahankan, Dodol Picni mendirikan pabrik di Jalan Pasundan No 102 pada 1979. Pada 1986, status perusahaan perseorangan diubah menjadi perusahaan berbadan hukum Perseroan Terbatas dengan nama perusahaan PT. Herlinah Cipta Pratama. *

Berbagai Rasa Dodol Picnic

  • Rasas Dodol Picnic Classic
    Dodol Picnic Classic Biru
    Dodol Picnic Roll
  • Dodol Picnic Special Aneka Rasa
    Dodol Picnic Special Gift Aneka Rasa
    Dodol Picnic Special Gift Sachet Aneka Rasa
  • Dodol Picnic Special Aneka Buah
    Dodol Picnic Special Gift Aneka Buah
    Dodol Picnic Special Gift Sachet Aneka Buah
  • Dodol Picnic Curah
    Dodol Picnic Classic Curah
    Dodol Picnic Aneka Rasa Curah
    Dodol Picnic Aneka Buah Curah
    Dodol Picnic AB dan AR Curah All Varian
  • Choco.Dol
    Choco.Dol Bar
    Choco.Dol Brown
    Choco.Dol Gift
  • Dodol Brownies
    Dodol Brownies Rasa Wijen
    Dodol Brownies Rasa Buah
    Dodol Brownies Tray Besar
  • Brownies Cookies
    Brownies Cookies
    Bagelen Brownies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.