Cuanki Serayu, untuk Mendapatkannya Harap Sabar Mengantre Dulu

Bakso cuanki adalah penganan serupa mi bakso atau siomay yang dijual bekerliling oleh pedagangnya. Istilah Cari Uang Jalan Kaki muncul karena mereka jarang menetap di suatu tempat untuk menjajakan dagangannya tersebut. Namun di Bandung ada beberapa tempat kedia bakso cuanki yang permanen, satu di antaranya adalah Kedai Bakso cuanki Serayu.

 Kedai  Serayu sudah ada sejak 1997. Kedai ini berada di Jalan Serayu yang tak jauh dari Jalan LLRE Martadinata (Jalan Riau). Di halaman Leisure Tribun Jabar edisi Jumat 14 Oktober 14 Oktober berjudul “Sabar Menanti Cuanki” disebutkan, Kedai ini digagas oleh pria asal Kebumen, Kasno.

Sebelum menetap di sana, pemiliknya mengawali usahanya berjualan menggunakan gerobak keliling. Kedai Serayu terus berkembang dan membuka kedai lainnya di Jalan Mangga dan Cihapit yang masih dekat dengan Jalan Serayu.

Seporsi Bakso Cuanki Serayu Rp 15.000

Di kedai ini selain melayani langsung disantap di sana, juga terdapat gerobak khusus untuk melayani pesanan untuk dibawa pulang atau untuk oleh-oleh dari Bandung. Di Serayu menyediakan 2 menu utama, yakni cuanki dan batagor. Untuk minumannya di sini tersedia air mineral, teh kemasan botol, dan aneka jus buah.

Harga satu porsi cuanki di sini Rp 15 ribu. Harga tersebut bisa saja berubah sesuai kebijakan pengelola. Satu porsi di Serayu terdiri dari satu tahu putih, satu siomay, dua bakso kecil, satu pangsit, dan satu siomay goreng. Kuahnya ditaburi bawang merah goreng dan daun seledri yang mengundang selera dan menambah lezat cuanki tersebut.

Kuahnya terbuat dari berbagai macam bumbu seperti kaldu sapi, gula pasir, garam, dan penyedap rasa. Adapun untuk bahan baku utama cuanki menggunakan ikan tenggiri. Tenggiri langsung didatangkan dari Tegal dan Indramayu.

Pada akhir pekan, kedai ini menyiapkan adonan 105 kilogram. Adapun tahu putihnya tidak kurang dari 700 tahu disiapkan setiap harinya. Kedai Serayu tidak membuat bakso sendiri tetapi dipasok dari produsen lain.

Pelanggan kedai  Serayu berasal dari berbagai kalangan. Biasanya kedai ini penuh oleh pembeli pada waktu-waktu makan. Lebih-lebih pada akhir pekan, pengunjung harus rela antre untuk mendapatkan seporsi makanan tersebut. *

Bahan

Copas dari serbabandung.com

Satu tanggapan untuk “Cuanki Serayu, untuk Mendapatkannya Harap Sabar Mengantre Dulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.