Colenak Murdi Putra, Dicoel-coel Enak

SUDAH pernah merasakan enaknya tapai yang dibakar terus dicocolkan ke gula yang dicampur kelapa? Belum ya. Makanan ini hanya bisa diperoleh di Bandung. Namanya Colenak alias dicoel-coel enak. Hmmmm, mantap. Pasti deh mengundang air liur.

Tapai yang digunakan untuk membuat colenak adalah tapai singkong. Orang Sunda menyebutnya peuyeum sampeu. Di Jawa Barat ada dua macam tapai yang populer, yang pertama adalah tapai terbuat dari singkong, dan satu lagi tapai dari ketan yang menjadi oleh-oleh daerah Kuningan.

Colenak Murdi Putra di Jalan Ahmad Yani Cicadas. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Colenak Murdi Putra di Jalan Ahmad Yani Cicadas Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Untuk dijadikan colenak tapai ini dibakar hingga ada bagian yang gosong. Kemudian di atasnya diberi gula dan serutan kelapa. Bagian yang gosong ini justru menjadi santapan favorit para penikmat colenak ini.

Aki Murdi adalah salah satu yang mulai memperkernalkan makanan ini pada 1930. Dia menjual makanan itu di gerobak dorong. Berkat ketekunan dan bantuan istrinya Hj Supiah usaha kulinernya mengalami kemajuan. Dia pun membuka kedai colenak di Jalan Ahmad Yani kawasan Cicadas.

Usahanya terus berkembang. Sekarang usahanya itu diteruskan oleh genarasi ketiga. Berkat anak cucunya itu colenak semakin berkembang. Namanya pun menjadi Colenak Murdi Putra.  Rasanya juga sudah banyak variannya, seperti rasa durian dan nangka. Untuk tetap menjaga penggemarnya yang terlebih dahulu menyukai peganan ini rasa original, yakni rasa gula manis yang dicampur parutan kelapa, tetap dipertahankan.

Saking tersohornya, Colenak Murdi pernah menjadi santapan para tamu Konferensi Asia Afrika pada 1955. Maestro tembang Sunda Nano S juga mengutarakan kekagumannya pada makanan ini melalui sebuah tembang yang berjudul “Colenak”.

Jika tertarik ingin mencicipinya Colenak Murdi Putra terletak di Jalan Ahmad Yani Bandung di kawasan Cidadas, tidak terlalu jauh dari Terminal Bus Cicaheum. Kedai colenak ini ada di sebelah kiri jika dari arah Cicadas.

Colenak-colenak itu dibungkus dalam kertas putih dengan tulisan berwarna-warni tergantung rasanya. Untuk colenak yang rasa original dibungkus dalam kertas putih dengan tulisan berwarna hijau. Colenak sekarang sudah bisa diperoleh di mal-mal, jadi tidak harus ke Jalan Cicadas jika ingin mencicipinya.

Jadi? Silakan saja buktikan. *

Alamat Colenak Murdi Putra

Jl. Jendral Ahmad Yani No.733
Bandung – 40125
Tlp. 022 – 7275037
Fax. 022 – 7106014
Buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB

 

Satu tanggapan untuk “Colenak Murdi Putra, Dicoel-coel Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.