Cocolan Lezat Batagor H Isan

BAKSO tahu goreng (batagor) saat disajikan biasanya dipotong-potong kecil. Dari satu batagor bisa menjadi 3 sampai empat potongan. Tapi, di sini cara penyajiannya berbeda. Batagor dibiarkan begitu saja. Batagor dalam bentuk satuan dinikmati pengunjung dengan mencocolkanya ke saus kancang yang tersedia di mangkuk.

Batagor yang dimaksud adalah Batagor H Isan. Batagor ini konon sudah lama berjualan di Kota Bandung. Beberapa blog kuliner menyebutkan batagor sudah ada pada 1970-an. Pemmilik dan pelopornya adalah Bapak H Isan.

Batagor H iSan Jalan Lodaya Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Batagor H iSan Jalan Lodaya Bandung. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Di Batagor H Isan juga tersedia batagor pilihan lain, yakni batagor kuah. Batagor ini disajikan dalam mangkuk yang diseduh kaldu panas yang harum. Untuk menambah kelezatan dalam mangkunk tersebut ditambahkan beberapa bakso.

Batagor di sini juga menyediakan batagor yang siap dibawa pulang untuk dijadikan buah tangan bagi wisatawan. Dalam kemasannya bumbu kacangnya dibungkus terpisah dengan batagor dalam keadaan kering. Hal itu agar batagor tidak cepat basi. Bumbu tersebut bisa langsung diseduh air ketika sampai di rumah.

Apa resep batagor Isan? Ternyata tahunya terbuat dari tahu pilihan yang dipadu adonan ikan tenggiri segar. Potongan tahu dan siomay cukup besar. Bumbu kacangnya menambah rasa lezat batagor ini.

Beberapa blog kuliner menyebutkan H Isan tadinya tidak berniat berjualan batagor. Awalnya dia berjualan bakso tahu. H Isan yang merantau dari Purwokerto berjualan bakso tahu berkeliling di Gang Situ Saeur, Kopo, Bandung.

Bakso tahu Isan ternyata banyak tersisa. Agar tidak basi dan terbuang percuma, dia menggoreng, kemudian dibagikan kepada tetangga-tetangganya. Ternyata bakso tahu goreng itu banyak direspon. Tetangganya banyak yang meminta kembali bakso tahu goreng tersebut.

Pengalaman H Isan yang tidak sengaja itu membuatnya berpikir untuk membuat bakso tahu goreng yang kemudian disebut batagor oleh orang Bandung. Isan mengawalinya dengan mengontrak kedai di Gang Situ Saeur, Kopo, Bandung.

Usahanya yang tambah berkembang membuat Isan memutuskan untuk membuka kedai lebih besar di Jalan Bojongloa No. 38 pada 1985. Gerainya terus bertambah, tak hanya ada di Jalan Bojongloa, tetapi menyebar ke pelosok kota Bandung.

Batagor Isan melayani pembelian jumlah banyak. Peminat bisa memesannya ke Jalan Bojongloa lewat nomor telepon 0816624382. *

Batagor H Isan di Bandung

  • Jalan Bojongloa No. 38
  • Jalan Ibu Inggit Ganarsih No. 53
  • Jalan Lodaya No. 85
  • Jalan Cikawao No. 27A Telepon 081572446688.
  • Jalan Margacinta dekat BRI
  • Depan Pujasera Margahayu
  • Jalan M. Toha dekat PT Inti
  • Jalan Terusan Cibaduyut dekat SPBU
  • Jalan Setiabudi
  • Food stall di Gerobak Bandung Giant Pasteur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.