Cilok…Cilok…Cilok!

BELUM pernah menyantap cilok? Hmmmm rugi. Makanan ini unik. Hanya terbuat dari aci (kanji) bisa membuat air liur tak tertahankan menetes. Rasanya memang aduhai. Aci yang dikukus plus bumbu kacangnya bisa membuat ketagihan yang menyantapnya, lagi dan lagi sebelum cilok itu benar-benar tandas.

Cilok, nama itu nyunda banget. Kebiasaan di Jawa Barat, sebuah nama terutama nama kawasan selalu diawali dengan kata Ci, yang artinya air, seperti Ciamis, Ciawi, Cicaheum, Cicadas, Ciater, Cipanas, Ciparay, Cibolerang, Cikudapateuh, Ciroyom, pokoknya masih banyak lagi.

Cilok
Cilok yang masih dikukus. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Khusus buat Cilok, Ci di sini bukan berati air. Cilok adalah singkatan dari nama makanan tersebut yakni aci dicolok, ditusuk kalau dalam Bahasa Indonesia. Tusukannya terbuat dari kayu atau bambu. Ukurannya sebesar lidi. Jos..! Cilok itu ditusuk tepat di tengah-tengah.

Selintas cilok bentuknya seperti bakso. Bulat, tapi tidak terlalu bulat banget, rada-rada lonjong. Permukaannya tidak halus. Perbedaannya bisa ketahuan setelah mencicipinya. Coba saja rasakan, nyesss! Cilok itu rasanya kenyal-kenyal susah dikunyah, apalagi saat hangat-hangatnya. Beda dengan bakso yang sekali gigit langsung mulus saat mengunyahnya.

Jangan lupa, bumbu kacangnya ikut andil besar mengapa cilok rasanya bisa selezat sekarang. Tahu ngga resepnya? Gampang kok, tinggal mencampurkan kacang tanah, gula merah, garam, kecap, bawang merah, dan bawang putih. Kalau merasa ribet beli saja langsung ke pedagang cilok.

Pedagang cilok sangat banyak di Bandung. Coba saja main ke sekolah dasar terdekat, di sana biasanya ada pedagang cilok. Pokoknya gampang. Apalagi sekarang banyak yang sengaja membuka kedai untuk berdagang cilok. Pedagang yang dipikul atau roda juga ada yang berkeliling ke rumah-rumah. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencari cilok.

Cilok ini oleh pedagang dijual kisaran Rp. 1.000-2.000 atau malah lebih karena rasa cilok sekarang beragam. Tadinya kan cilok itu rasanya cuma satu, yaitu rasa kanji dan sambal kacang, atau rasa original. Sekarang rasanya semakin banyak, ada cilok yang rasa sosis, daging, atau telur. Inovasi lainnya adalah cilok goreng telur, kira-kira begitu namanya. Cilok ini dicelupkan ke telur kemudian digoreng. Baru setelah digoreng disantap bareng sambal kacang.

Cilok biasanya disajikan di piring. Sambal kacangnya ada yang disimpan di mangkuk atau piring terpisah. Kalau mau menyantapnya tinggal celupin ke bumbu kacang lalu masukan ke mulut. Ada juga yang bumbu kacangnya yang sudah ditaburkan di cilok. Masih ada satu lagj, yang ini cilok dan sambalnya dimasukan ke plastik. Cara memakannya cilok tinggal keluarkan satu-satu dari plastik. Nikmatttt. *

Macam-macam Rasa Cilok

  • Rasa sosis
  • Rasa keju
  • Rasa telur
  • Rasa kacang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.