Bolu Gulung Toko Bawean yang Melegenda

DI mana mencari kue jaman dulu di Bandung? Tak usah bingung, datang saja ke Toko Kue Bawean. Toko ini mempunyai kue-kue cita rasa zaman dulu. Satu di antaranya kue yang sudah melegenda namanya Nougat Roll.

Nougat Roll adalah bolu gulung yang berbahan utama vanilla, fla dan rum. Bolu gulung ini berisi isi fla dibalut nougat kacang karamel di bagian luarnya. Kue ini merupakan kue favorit pelanggan Toko Bawean.

Boomstam & Mocca Boomstam. | Foto baweansweetheart.com
Boomstam & Mocca Boomstam. | Foto baweansweetheart.com

Bolu gulung di sini rasa rumnya menonjol. Tapi ada juga bolu gulung yang tak menggunakan rum. Bolu gulung di sini pun bolunya terkenal lembut. Variannya banyak, misalnya African Roll. Bolu ini bau rumnya sangat dominan. Cokelat dan meses yang membalutnya membuatnya tampil cantik dan rasanya lezat.

Selain jadi favorit penggemar Toko Bawean, bolu gulung telah membawa toko ini meraih penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia). Toko Bawean mendapatkan penghargaan itu karena dianggap menjadi “Pemrakarsa dan Pembuat Bolu Gulung (Nougat Roll) Terpanjang.” Penciptaan rekor terjadi pada September 2006.

Selain bolu gulung, Toko Bawean menjual kue-kue klasik seperti tutti fruity cake, black forest cake, chocolate waffle, Malang layered cake, sweetheart layered cake, macaroni, mocha tart, picnic roll, boomstam & mocha, dan boomstam.

Berkat kue-kue yang merupakan kue yang terbuat dari resep tradisional, toko ini mendapatkan penghargaan dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia, sebagai “Toko Kue Yang Tetap Mempertahankan Resep Tradisional”. Penghargaan tersebut diperoleh pada September 2004.

Toko ini berdiri pada 3 Juli 1946. Tadinya bernama “Sweetheart”, terletak di Jalan Sumatera No. 5 Bandung. Perusahaan keluarga ini dirintis Tedja Kusmana.

Toko kue ini pindah ke jalan Bawean No. 4 Bandung pada 1974. Toko ini terus bertahan di tangan Herdy Kusmana yang meneruskan usaha keluarga ini. Herdy tetap mempertahankan kue-kue jaman dulu.

Pada 1995 toko ini berganti nama dari “Sweetheart” menjadi Toko Kue Bawean pada. Sebelumnya pada 1992 gerai Toko Kue Bawean membuka gerai di jalan L L RE. Martadinata No. 140, Bandung.

Edwin L. Kusmana, putra pertama Herdy, meneruskan usaha ayahnya pada 2002. Di tangan lulusan S2 ini, perusahannya semakin berkembang. Edwin memperkenalkan kue-kue baru, namun tetap memproduksi kue-kue lama.*

Toko Kue Bawean

Jln. Bawean No. 4
Tlp: 022 420 5471 Fax: 022 420 1453
Bandung 40113

Jln. L.L.R.E. Martadinata No. 140
Tlp/Fax: 022 720 4131
Bandung 40114

Jln. Gandapura No. 43
Tlp: 022 421 2229 Fax: 022 421 0229
Bandung 40113

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.