Bebek Itu Banyak Jenis Menunya dan Layak untuk Dicoba

BAGI penggemar bebek sebaiknya perlu tahu jenis-jenis menu khas berbahan unggas ini. Selain rasanya berbeda, menu ini memiliki kekhasan sesuai daerah menu itu berasal. Beberapa menu ini di antaranya adalah bebek betutu,  peking, atau goreng.

Betutu adalah menu khas Bali. Menu ini sudah tak diragukan kelezatannya. Tak hanya orang Bali yang menyukainya, orang di luar Bali sudah banyak yang menggemarinya. Terutama di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta atau Surabaya.

Cara masak menu tersebut sangat khas. Proses masaknya untuk mencapai tingkat kematangan yang pas butuh waktu 6-7 jam. Unggas tersebut  sebelum dimasak dibungkus daun pisang kemudian dibungkus lagi dengan pelepah pinang sehingga rapat. Setelah siap ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api sampai matang.

Menu lainnya yang juga terkenal adalah Bebek Peking. Masakan ini merupakan makanan tradisional Tiongkok yang berasal dari Beijing. Menu ini pun banyak ditemui di Taiwan yang dibawa oleh pemerintahan nasionalis Kuomintang yang kalah perang saudara dan mundur ke Taiwan pada 1949.

bebek
Bebek Peking. | Foto https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Quanjude_roastduck.JPG

Menu tersebut menggunakan daging bebek yang khusus diternakkan. Unggas ini digemukkan dengan cara memberikan makanan bergizi, pada saat kekenyangan. Peternak memberikan makanan bergizi tersebut secara paksa memasukkannya ke dalam kerongkongannya.

Menu tersebut  dimasak dengan cara dipanggang di atas kayu bakar khusus untuk menambah wangi daging.

Bebek Goreng

Nah kalau  menu ini  lazim dijual di Indonesia. Bebek goreng namanya. Menu ini dijual di kaki lima hingga ke hotel-hotel. Yang khas dari menu ini  adalah bumbunya berupa minyak berwarna kuning dilumurkan di atas nasi panas. Ada juga yang mengunakan sambal yanglazim digunkan untuk pecel lele.

Menu tersebut dihidangkan dengan lalapan.  Sampai sekarang, masih jarang dijumpai sajian tersebut  yang dimasak atau disajikan selain digoreng.

Mana yang paling enak? Silakan mencobanya. Jika masih ada menu lainnya, silakan untuk melengkapinya di boks komentar di bawah ini. Jika berkenan juga silakan share ulasa di atas lewat media sosial. Semoga bermanfaat. *

Bahan id.wikipedia.org/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.