Basreng, Kini Dijual Juga Dalam Kemasan

MAKANAN ini sudah cukup lama beredar di Kota Bandung. Seperti makanan lain yang bermunculan, makanan ini pun merupakan modivikasi makanan sebelumnya. Namanya basreng alias bakso goreng. Bakso yang biasanya dikukus tidak langsung disajikan namun digoreng dahulu kemudian dibubuhi bumbu pedas.

Pedagang basreng biasanya berjualan di kaki lima, seperti di halaman sekolah atau supermarket seperti di Griya Buahbatu, Kota Bandung. Basreng yang dijual di kedai atau tenda pedagang kaki lima terlihat bulat sebesar bakso pada umumnya. Harganya tergantung besar baksonya, tetapi biasanya dijual di kisaran Rp 1.000-2.000.

basreng
Basreng. | Foto serbabandung.com

Biasanya pembeli lebih dari satu bakso. Ada yang lima, bahkan ada yang 10 sekali beli. Bakso tersebut dipotong-potong kecil kemudian digoreng. Setelah itu ditaburi cabai sesuai level kepedasan.

Namun belakangan, saking populernya, makanan ini dijual dalam kemasan layaknya mi instan dalam cup. Basreng Maicih misalnya. Maicih adalah merek dagang yang menjual serba kripik yang rasanya pedas. Basreng yang dijual di sini pun memiliki level kepedasan.

Siap-siap saja untuk menyantap pedasnya basreng buatan Maicih. Dalam laman resminya ditulis, basreng dijual memiliki kepedasan hingga level 5. Sama seperti keripik singkong yang dijual Maicih.

Basreng juga melanda dunia maya. Para internet marketer rupanya mencium potensi keuntungan dari penganan khas Bandung. Mereka menjual basreng lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan yang lainnya. Yang menjual lewat laman jual beli pun banyak sekali.

Bakso yang biasa dijual untuk basreng terbuat dari campuran tepung tapioka dan ikan tenggiri. Bau harum ikan dan tajamnya cabai biasanya langsung merebak ketika akan menyantap penganan ini.

Jangan membayangkan basreng seempuk bakso. Basreng terasa sangat kenyal, bahkan agak sulit untuk mengunyahnya. Rasa pedas penganan ini menjadi sensasi, apalagi pedasnya menggunakan cabai yang levelnya paling tertinggi. Apapun rasanya basreng sudah menjadi penganan khas Kota Bandung.

Selamat mencicipi. *

Basreng dalam Kemasan

  • Dijual pedagang di kaki lima, web, media sosial, dan blog
  • Rasanya kenyal, gurih, dan pedas
  • Terbuat dari tepung tapioka dan campuran ikan tenggiri
  • Harganya kisaran Rp 1.000-2.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.