Abon Varia, Khas Solo yang Nikmat

ABON adalah penganan yang terbuat dari daging yang berbentuk serat. Warnanya kecokelatan. Rasanya sedikit manis. Selain abon manis ada juga rasa lainnya seperti abon rasa pedas. Abon biasanya terbuat dari daging sapi. Tapi ada juga abon yang terbuat dari bahan daging kambing. Di Cina, abon terbuat dari daging babi yang disebut Chousong.

Selain terbuat dari bahan dasar daging, sekarang abon ada yanng terbuat dari bahan lain seperti terbuat dari dari daging hewan air seperti ikan tuna, ikan lele, ikan tongkol, belut, dan udang.

Daerah yang terkenal dengan pembuatan abon sapinya adalah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang dan beberapa daerah lain sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur). Adapun di luar jawa bisa diperoleh di Palembang dan Pontianak. Abon berbahan daging babi banyak diproduksi di Bali, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

Abon Varia Khas Solo. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat
Abon Varia Khas Solo. | Foto kulinernikmat.com #kulinernikmat

Di Kota Solo terdapat sentra abon sapi dan ayam. Satu di antaranya di kawasan Coyudan. Di sini terdapat deretan toko yang memproduksi sekaligus menjualnya. Toko yang paling populer adalah Kedai Pangan Varia. Kedai yang terletak di Jl. dr. Rajiman No. 132 Solo ini menyediakan penganan khas Solo, terutama abon. Orang Solo menyebutnya Abon Varia.

Abon Varia sudah diproduksi sejak 1935. Kedai Pangan Varia menawarkan dua varian rasa abon, yakni Abon Varia manis dan Abon Varia pedas. Harga Abon Varia daging sapi harganya berkisar Rp 65.000-70.000. Abon daging ayam harganya lebih murah berkisar Rp 45.000 hingga Rp 50.000.Produk unggulan lainnya di kedai ini adalah terik koyor dan serundeng.

Kendati sudah lama berdiri rasa abon ini tetap mempertahankan rasa klasik sejak pertama berdiri. Abon buatan kedai ini tanpa menggunakan campuran. Dalam proses pembuatannya masih menggunakan cara manual hingga sekarang.

Abon ini bisa terasa nikmat karena saat digoreng menggunakan minyak kopra. Minyak ini meskipun harganya ekonomis tapi bisa membuat abon berkualitas baik dan lezat. Selain itu abon yang dihasilkan lebih baik, tidak lembek dan tidak mudah berbau tengik.

Abon Varia juga didistribusikan keluar kota Solo seperti ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, hingga Kalimantan. Meski harus dikirim ke luar kota yang membutuhkan waktu pengiriman, abon ini tidak menggunakan bahan pengawet. *

Abon Varia Khas Solo

  • Abon Varia diproduksi sejak 1935.
  • Menawarkan dua varian rasa abon, yakni Abon Varia manis dan Abon Varia pedas.
  • Harga Abon Varia daging sapi harganya berkisar Rp 65.000-70.000.
  • Abon daging ayam harganya lebih murah berkisar Rp 45.000 hingga Rp 50.000.
  • Produk unggulan lainnya di kedai ini adalah terik koyor dan serundeng.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.